25 views

Home / Artikel

Minggu, 12 Juni 2022 - 15:56 WIB

Yuk Kenali Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

MAKASSAR TRIBUNPOST.COM — Masa kehamilan merupakan hal yang banyak ditunggu dimasa ini akan terjadi banyak perubahan pada kondisi ibu, mulai dari perubahan fisik hingga pengaruhnya terhadap kegiatan sehari-hari.

Perubahan pola makan tentunya akan dirasakan oleh ibu karena dalam masa ini, ada Ibu dan Janin yang nutrisinya harus tercukupi.

Dalam masa kehamilan apa yang dimakan oleh Ibu itulah yang akan menjadi penentu perkembangan dan pertumbuhan janin, sehingga penting untuk memperhatikan apakah nutrisi yang dibutuhkan sudah terpenuhi.

Karena pengetahuan mengenai zat gizi bagi Ibu hamil sangatlah penting, maka disini Ibu akan memahami “apa saja nutrisi penting dalam kehamilan, apa saja fungsinya, dan darimana nutrisi ini bisa ibu dapatkan dalam kehidupan sehari-hari”

1. Zat Gizi utama (makronutrein)

Merupakan zat gizi yang sangat penting dan dibutuhkan dalam jumlah yang banyak.

a. Protein : protein sangat penting bagi perkembangan bayi secara menyeluruh, juga menentukan berat lahir bayi, pertumbuhan jantung dan banyak hal lainnya “secara umum protein berasal dari hewan maupun tumbuhan, namun ternyata gabungan dari protein hewan dan tumbuhan secara lengkap akan lebih baik”.

b. Lemak : bagian dari lemak yang paling penting adalah asam lemak terutama DHA, EPA, Omega-3, dan Omega-6 yang banyak berfungsi dalam perkembangan otak dan mata.

Baca Juga :  Mujib Alwy, S.Pd : Etos Kerja Guru Abad 21

c. Karbohidrat : karbohidrat yang bersumber dari nasi, jagung, ubi, gandum, ataupun tepung adalah bagian penting dari makanan “konsumsi karbohidrat perlu diukur karena karbohidrat yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan “kegemukan pada bayi”.

d. Serat : serat dapat ditemukan pada buah dan sayur, salah satu manfaatnya adalah kesehatan sistem “pencernaan dan mencegah sembelit”

2. Zat gizi mikro (mikronutrein)

Merupakan zat yangat penting bagi tubuh dan dibutuhkan dalam jumlah yang cukup sedikit.

a. Zat besi : zat besi pasti sudah tidak asing bagi ibu-ibu, zat ini dapat ditemukan berasal dari hewan atau tumbuhan seperti daging merah dan sayuran hijau, zat ini ternyata “berpengaruh besar pada pembentukan darah dan kondisi jantung bayi”.

b. Yodiun : yang tidak kalah penting adalah yodium, terutama berasal dari ikan, buah-buahan, sayur, susu, telur, dan garam dapur, zat ini mencegah kelainan bayi yang mungkin terjadi seperti “hipertiroid mengurangi kejadian abortus dan kerusakan jaringan otak”.

c. Kalsium dan Vitamin D : sumber utama kalsium adalah susu, sedangkan vitamin D banyak berasal dari ikan, susu yang diminum oleh ibu saat masa hamil, nantinya akan memberikan perkembangan yang baik bagi janin berhubungan dengan berat badan lahir dan mengurangi resiko “kelahiran prematur”

Baca Juga :  Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Pada Dinas Pendapatan Kab. Banyuwangi

d. Folat : asam folat merupakan bagian yang sangat penting dari makanan ibu hamil karena kekurangan dari asam folat dapat menyebabkan kelainan otak dan saraf tulang belakang “asam folat banyak terdapat dalam makanan sehari-hari, seperti sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan”.

Inilah berbagai zat gizi penting untuk memenuhi kebutuhan Ibu dan Bayi selama masa kehamilan, ada juga berbagai cara yang dapat membantu salah satunya adalah “konsumsi suplemen dan vitamin sebagai pelengkap.

Suplemen dan Vitamin bisa Ibu-ibu dapatkan dengan mengunjungi pusat kesehatan terdekat agar ibu mendapatkan pemberian pelayanan yang lengkap dan sesuai.

Penting bagi ibu untuk tidak lupa memeriksakan diri secara rutin agar perkembangan kehamilan terus terpantau dengan baik, dan diharapkan dengan usaha yang maksimal akan menghasilkan kesehatan bagi ibu dan bayi serta mengurangi kemungkinan masalah selama masa kehamilan.

oleh : dr. Rakha Sulthan Salim

(Visited 24 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Artikel

Jaga Diri dan Keluarga Kita Dari Api Neraka

Artikel

Komisioner KPK Saat ini di Masih yang Terbaik dalam Melakukan Pemberantasan Korupsi

Artikel

Biografi Gurutta Ambo Dalle, Pendiri & Pendidik Agung DDI

Artikel

Jeritan Pedagang PKL Ditengah Pandemi, Bagaimana Pemimpin Menyikapi ??

Artikel

Syahril Syam : Apa Yang Membuat Kita Bahagia ??

Artikel

Nirwana Sang Milenial Pengelola Cetakan Batu Bata “FM”

Artikel

SATUPENA Sulsel: Ikhtiar untuk Kebangkitan Kembali Gerakan Literasi Sulawesi Selatan

Artikel

Dilema Pembelajaran Tatap Muka