76 views

Home / Daerah

Sabtu, 28 Agustus 2021 - 12:28 WIB

Yara perwakilan Aceh Barat Pertanyakan Penggunaan Tanah Bekas Lapas Digunakan oleh PT Mifa Bersaudara

MEULABOH ACEH BARAT TRIBUNPOST.COM – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Barat mempertanyakan pemakain lahan bekas Lapas yang Sudah hampir 10 tahun lahan dikuasai dan digunakan oleh Koorporasi bergerak disektor pertambangan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.Sabtu( 28-08-2021)

Koordinator Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (Yara) Aceh Barat, Hamdani, S.sos .SH menyampaikan, telah diperhitungkan apabila dilakukan proses sewa menyewa untuk pendapatan maka nilai pemasukan untuk Negara terakumulasi mencapai Milyaran rupiah selama 10 tahun ini.

“Saya sudah tanyakan kepada pihak Kanwil Kemenkumham Aceh, ternyata sampai saat ini belum pernah dikeluarkan izin secara resmi penggunaan lahan bekas Lapas Meulaboh untuk perusahaan tersebut.namun sudah di ajukan ke Jakarta.

Baca Juga :  Video Viral : Hati Nurani Kita Terkoyak !! Nyawa Melayang Gara Gara Tidak Punya KTP

Dalam pernyataan tertulis disampaikan, bahwa lahan eks Lapas Meulaboh tersebut luasnya mencapai sekitar 3 hektar,sebulum nya di tempat tersebut pernah ada bangunan lembaga pemasyarakatan dan hancur saat terjadi tsunami pada 2014 silam,dan lahan tersebut menjadi kosong pada tahun 2012 digunakan oleh PT Mifa Bersaudara untuk area pelabuhan khusus konveyor eskpor batubara.

Hamdani, menyampaikan, bahwa perusahaan itu disebut-sebut pernah membuat surat permohonan pengunaan lahan eks Lapas Meulaboh, tetapi dalam proses perizinan belum diterbitkan secara administrasi resmi dari Kemenkumham RI.

Baca Juga :  GMNI Sumba Timur Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19 di Tengah PPKM

Informasinya sudah pernah diajukan permintaan, tetapi belum disetujui. Jika belum disetujui maka secara aturan itu adalah sebuah pelanggaran dan harus diusut.

Pihak terkait harus menelusuri sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.apalagi lahan tersebut milik institusi negara dalam hal ini Kemenkumham akan tetapi realita di lapangan lahan tersebut sudah beralih fungsi menjadi pelabuhan khusus PT.Mifa bersaudara.

Adapun Secara aturan perundang – undangan setiap aset negara yang dialih fungsikan tentu memiliki mekanisme dan aturan yang berlaku.jika hal itu tidak dilakukan tentunya hal itu menjadi sebuah pelanggaran. (Lukman)

(Visited 52 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Dan Unit Intel Kodim 0431/Bangka Barat, hadiri rapat Pembahasan konflik Sosial di Wilayah Kab. Bangka Barat

Daerah

“BLUSUKAN” Bhabinkatibmas dan Babinsa Terapkan Protkes di Pasar

Daerah

Banjir, Air Setinggi Selutut Beberapa Ruas Jalan Kota Banda Aceh

Daerah

Pengurus DPD Hidayatullah Maros  Ikut Berpartisipasi Sukseskan Program BUPATI MAROS KEREN

Daerah

Gebyar Olahraga Pendidikan, Bupati Wajo Dapat Penghargaan Insan Peduli Olahraga

Daerah

Pisah Sambut Kapolsek Klari Dari Kompol Ricky Adipratama. SH, SIK, MM Kepada Kompol Hidayat SH

Daerah

Polres Dairi Gelar Upacara Ziarah Rombongan Dan Tabur Bunga Di TMP

Daerah

Asep Agustian SH, MH : Rumah Dinas Bupati Karawang Anggaran Pemeliharaan capai Miliaran, Rumah Warga Rusak Dan Sekolahan Roboh