46 views

Home / Nasional

Selasa, 12 Juli 2022 - 13:53 WIB

Tingkatkan Kualitas, Dirjenpas Tetapkan 40 UPT Pemasyarakatan Percontohan Layanan Kesehatan

JAKARTA, TRIBUNPOST.COM — Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas), Reynhard Silitonga telah menetapkan 40 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan sebagai percontohan penyelenggaraan layanan kesehatan bagi tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kualitas layanan kesehatan yang terstandar dan profesional bagi tahanan, narapidana, dan Anak.

Adapun 40 UPT percontohan tersebut terdiri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Penetapan dilakukan melalui Keputusan Dirjenpas Nomor: PAS-36.OT.01.03 Tahun 2021 tanggal 21 Desember 2021 lalu.

“Akhir tahun lalu, Ditjenpas telah menetapkan 40 Lapas, Rutan, dan LPKA di 33 provinsi untuk menjadi percontohan layanan kesehatan. Percontohan ini diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran UPT Pemasyarakatan di wilayah setempat,” tutur Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Heni Yuwono, Senin (11/07).

Baca Juga :  Sat Resnarkoba Merangin Ungkap Kasus Tindak Pidana Narkotika Jenis Shabu

Menurutnya, hal ini sesuai dengan semangat corporate university dalam penyelenggaraan layanan kesehatan yang sesuai standar. Ia pun menegaskan, pihaknya tidak sembarangan menunjuk UPT percontohan ini, melainkan melalui rekomendasi dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia setempat.

Heni menambahkan, penunjukan UPT percontohan ini akan disertai dengan pemenuhan sarana prasarana yang memadai, peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, hingga pendampingan teknis. “Kami ingin memastikan percontohan ini berhasil sehingga akan memberikan asistensi dan dukungan yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Video Viral : Hati Nurani Kita Terkoyak !! Nyawa Melayang Gara Gara Tidak Punya KTP

Agar kegiatan terdata dan dapat dipertanggungjawabkan, masing-masing UPT percontohan ini juga diwajibkan melaporkan penyelenggaraan layanan kesehatan melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) pada fitur Watkesrehab.

PEWARTA : IRIEK_RLS:HMS

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 53 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Nasional

Vaksinasi Seknas Jokowi : Booster Untuk Rakyat

Nasional

Persiapkan Restorative Justice bagi Narapidana Dewasa, Ditjenpas Susun Pedoman Libatkan Pakar

Nasional

Kemenkumham Terima Permohonan Naturalisasi Calon Pemain Timnas Indonesia

Nasional

Tambahan 1,4 Juta Vaksin Sinopharm Tiba di Indonesia

Nasional

Ketum PWRI Kecam Premanisme Terhadap Wartawan Di Binjai

Nasional

Peringatan Hari Bhayangkara ke-75, Presiden Apresiasi Peran Polri Turut Tangani Pandemi

Nasional

Kapolri Harap Sinergi dengan Mahasiswa untuk Akselerasi Vaksinasi Terus Berlanjut

Nasional

Ketua FOREDER Aidil Fitri Dukung Erick Thohir Tindak Tegas Oknum ASN Berpaham Radikalisme dan Terorisme di tubuh BUMN