15 views

Home / Artikel

Jumat, 29 Juli 2022 - 15:18 WIB

Siap Lakukan Penindakan Pemilu Bawaslu Takalar Nama-Nama Sentral Gakumdu Ke Bawaslu

TAKALAR, TRIBUNPOST.COM — Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Takalar menyusun personil Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Takalar dengan berkoordinasi kepada lembaga terkait dalam melakukan penindakan pelaku pidana pemilu tahun 2024.

Ketua Bawaslu Takalar, Ibrahim Salim mengatakan kami telah berkoordinasi dengan Kapolres dan Kajari Takalar untuk membentuk personil Gakkumdu Kabupaten Takalar dan secara formal telah menyampaikan nama-nama dan memerintahkan personilnya.

“Setelah kami berkoordinasi dengan Kapolres dan Kajari Takalar, sudah ada penyampaian resmi dari Kejaksaan Negeri Takalar dan Surat Perintah dari Kepolisian Resort (Polres) Takalar terkait personilnya untuk tergabung di Gakkumdu Kabupaten Takalar menghadapi pemilu tahun 2024”, ungkap Ibrahim.

Selanjutnya Kordiv PHL Bawaslu Takalar, Nellyati menyampaikan perkembangan struktur Sentra Gakkumdu Kabupaten Takalar bahwa dengan lengkapnya jajaran Bawaslu Takalar, Personil Polres Takalar dan Kejari Takalar maka hari ini kami menyerahkan nama-nama Sentra Gakkumdu Kabupaten Takalar kepada Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan di Sekretariat Bawaslu Takalar, Kamis sul.sel. 28/07/2022.

Baca Juga :  Konsep Mitigasi RS Terhadap Keselamatan Pasien Dimasa Pandemi Covid-19

“Alhamdulillah nama-nama Sentra Gakkumdu Kabupaten Takalar telah rampung dan hari ini kami menyerahkan kepada Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, menandakan kami siap untuk penindakan pemilu tahun 2024, tinggal menunggu Surat Keputusan Bawaslu Republik Indonesia tentang personil Sentra Gakkumdu Kabupaten Takalar”, tegas Nelly.

Sementara Syaifuddin selaku Koordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Takalar menjelaskan posisi Bawaslu Takalar dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) sebagai koordinator instansi lembaga terkait dalam melakukan penindakan pelaku pidana pemilu.

Baca Juga :  Sistem Resi Gudang (SRG) Merupakan Tantangan dan Solusi Buat Petani di Banyuwangi

“UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan dengan tegas bahwa kewenangan penanganan pelanggaran administrasi pemilu berada di Bawaslu, kecuali ketika ada pelanggaran pidana pemilu, maka Bawaslu bersama kepolisian dan kejaksaan bersama-sama melakukan penindakan yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu,” tutupnya.

PEWARTA : MUH ARIEF.

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Artikel

Biografi Gurutta Ambo Dalle, Pendiri & Pendidik Agung DDI

Artikel

Mujib Alwy, S.Pd : Etos Kerja Guru Abad 21

Artikel

Mengenang Heroik Hari Pahlawan Dengan Sejarah Rupiah

Artikel

FISIP UNTAG 1945 Banyuwangi Berhasil Memiliki Doktor

Artikel

Tuhan Seakan-akan Hendak Berbicara Kepada Kesombongan Manusia

Artikel

Review Buku, Tafsir Kebahagiaan: Tafsir Al-Quran Menyikapi Kesulitan Hidup

Artikel

Polemik PT Vale Indonesia di Sulawesi Selatan

Artikel

Sistem Resi Gudang (SRG) Merupakan Tantangan dan Solusi Buat Petani di Banyuwangi