26 views

Home / Daerah

Minggu, 15 Agustus 2021 - 12:05 WIB

Sektor-18 Satgas Citarum Harum, Harapkan Adanya IPAL Kondisi Sungai Citarum Semakin Baik

KARAWANG JABAR, Tribunpost.com – Sebagai tempat penyaringan sekaligus pengontrolan sirkulasi pembuangan limbah cair yang berdampak pada kebersihan aliran Sungai Citarum, IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal yang terletak di Dusun Sukajaya, Desa Anggadita, Kecamatan Klari Kabupaten Karawang, Satgas Citarum Harum Sektor-18 Kodam III Siliwangi, terus melakukan pengecekan rutin secara berkala terhadap pembuatan IPAL Komunal tersebut.

Salah satunya seperti yang dilaksanakan oleh BAOPS (Bintara Operasional) Sektor-18 Satgas Citarum Harum, Serma Mulyana, yang melakukan secara langsung pengecekan Minggu pagi tadi (15/8/2021).

Baca Juga :  Nurmiati Ikuti Rapat Koordinasi Bunda PAUD Se-Aceh

Serma Mulyana pastikan pembangunan IPAL Komunal yang nantinya akan menjadi muara pembuangan sampah domestik dari warga setempat tersebut dengan sangat mendetail, sebelum nantinya limbah cair domestik tersebut mengalir ke aliran Sungai Citarum.

Dari pantauannya tersebut, Serma Mulyana dapat menyimpulkan bahwa progres pembangunan IPAL Komunal yang memiliki kapasitas bisa menampung limbah domestik rumah tangga hingga 50 Kepala Keluarga tersebut dan berada di Desa Anggadita ini kurang lebih pengerjaannya sudah mencapai 60%, setelah 100% Ia pastikan IPAL Komunal itu sudah dapat digunakan, tentunya dengan beberapa hari waktu masa percobaan.

Baca Juga :  Kebakaran Menimpa Warga, Bupati Pinrang Perintah Dinsos Sigap

Ia berharap pengerjaan IPAL Komunal ini segera dapat diselesaikan dengan baik, tanpa ada halangan apapun dan sesuai dengan rencana, agar dapat bekerja dengan maksimal hingga kelestarian dan kebersihan Sungai Citarum dapat terjaga dari pencemaran limbah domestik yang dihasilkan masyarakat sekitar.

“Semoga kedepannya kondisi Sungai Citarum kedepannya dengan adanya IPAL Komunal ini semakin bersih, dan baku mutu airnya semakin sesuai dengan yang diharapkan,”pungkasnya.

(Taofik Haryadi)

(Visited 8 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Cegah Laka Lantas, Sat Lantas Polres Bangka Barat Laksanakan Patroli

Daerah

Babinsa Koramil 431-01/Jebus melaksanakan monitoring pengamanan tindak lanjut PPKM Level IV

Daerah

Presiden Jokowi Resmikan Dan Tandatangani Prasasti Jalan By Pass Balige Kab. Toba

Daerah

Guna Mempererat Tali Silahturahmi, Babinsa Koramil 431-01/Jebus Laksanakan Gotong Royong Bersama Masyarakat

Daerah

DP3AKB Gelar Program Sinkronisasi BANGGA KENCANA

Daerah

Tim TPI Apresiasi Inovasi Lapas Banyuwangi, Namun Berikan Catatan Untuk Dapat Raih Predikat WBK

Daerah

1.000 Vaksin Disiapkan, Besok pagi, Kodim 0431/Bangka Barat, Gelar Serbuan Vaksinasi TNI, Tahap Kedua

Daerah

H. Dewa : GMPI Harus Berada Di Garda Terdepan Jika Ada Persoalan Masyarakat