206 views

Home / Daerah

Minggu, 15 Agustus 2021 - 11:03 WIB

Sejarah Di Karawang Dianak Tirikan Oleh Pemkab Karawang

KARAWANG JABAR, Tribunpost.com – Bangunan bersejarah menjadi saksi bisu bagaimana sebuah bangsa di masa lalu, sehingga perlu dijaga kelestariannya. Termasuk makam-makam atau petilasan para leluhur yang mempunyai nilai history di Kota Pangkal Perjuangan, justru kini terbengkalai lantaran kurang perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

Seperti diungkapkan Anggota Paguyuban Singaperbangsa, Eyang Andri. Sebagai kuncen, ia pun mengajak masyarakat dan khususnya Pemkab Karawang, untuk menyelamatkan serta merawat bangunan cagar budaya, Makam Adipati Singaperbangsa yang berada di Desa Manggung Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Tidak ada perhatian dari Pemkab Karawang, bahkan kondisinya mohon maaf, sekarang seperti kandang ayam,” ujarnya kepada Tribun postMinggu (15/8).

Baca Juga :  H.Rahmat Hidayat Djati Ketua DPC PKB Karawang Tegaskan Partainya Terbuka Untuk Serap Aspirasi Masyarakat Karawang

Andri menambahkan, pihaknya menganggap Pemkab Karawang kurang menghargai sejarah. Bagaimana dapat mengingat perjuangan besar leluhur hingga menjadi ibrah dimasa depan, sementara kondisi bangunannya saja dibiarkan memprihatinkan.

“Di manggung Jaya kondisinya kurang terawat dan akses jalan mulai banyak yang rusak. Bangunan sudah tidak layak, seperti diantaranya gapura, pagar dalem dan Makam Bupati sendiri bangunannya sudah pada retak,” paparnya.

Masih Andri menambahkan, meski memakai batu marmer, penataan Makam Singaperbangsa tidak layak lantaran struktur bentuk yang kurang memiliki nilai seni. Kematian itu tanda orang-orang yang menerima kebenaran tanpa syarat, fatamannawul mauta in kuntum shadiqin. Sehingga nisannya perlu sentuhan seni pahat hingga menampakkan kecantikan (jamaliyah) dan keperkasaan (jalaliyah).

Baca Juga :  Dinas Kesehatan Wajo Tetap Masifkan Vaksinasi Covid-19 di Tengah Penanganan Banjir

“Coba lihat bangunan dan makam-makan di Banten, di Cirebon dan di Jogja, memang benar-benar bagus,” terangnya.

Sambung masih Andri menambahkan, Pemkab Karawang harus menghargai para pejuang terdahulu. Karenanya sudah waktunya Bupati melalui OPD terkait, untuk memperhatikan kembali bangunan bersejarah, seperti makam Adipati Singaperbangsa, serta cagar budaya lainnya.

“Jika ada beberapa yang harus diperbaiki, segera perbaiki. Jangan sampai dibiarkan hilang jejaknya, yang tertinggal cuma cerita tutur tanpa ada wujud bangunan,” pungkasnya.

(Agus Sofyan)

(Visited 142 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Alumni SMA PGRI 10 Karawang, Sukses Gelar Reuni Akbar Part 3

Daerah

Operasi Patuh Toba 2021 Polsek Medan Area Berjalan Dengan Aman dan Kondusif

Daerah

Kantor Imigrasi Bekasi Terima Kunjungan Kemenlu RI dan Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jabar

Daerah

Satpol PP Provinsi Sulsel Mengadakan Apel Akbar Dirangkaikan Pengukuhan Komandan Kompi Dan Komando Pleton

Daerah

Ditlantas Polda Sumut Siap Siaga Mengantisipasi Rawan Bencana di Jalur Wisata

Daerah

Warga Masyarakat Desa Kaliglagah Jember, Resah Dengan Adanya Teror Sesudah Pilkades

Daerah

Kadiv Administrasi Puji Apresiasi Program Pembinaan Budidaya Lobster Air Tawar dan Ikan Koi di Lapas Banyuwangi

Daerah

Di HUT Bhayangkara Ke-76 Kapolres Bogor Berikan Hadiah Empat Paket Umroh Gratis Bagi Muslim Dan Satu Paket Holyland Untuk Umat Nasrani