31 views

Home / Daerah

Jumat, 6 Agustus 2021 - 21:55 WIB

Puluhan Warga Desa P. Baru Demo Kantor Camat T. Mengkudu, Sekcam No Comment

SERGAI SUMUT, Tribunpost.com — Puluhan warga Pasar Baru demo Camat Teluk Sri Rahayu yang disebut menolak permohonan rekomendasi pemberhentian Perangkat Desa tanpa ada melakukan mediasi dengan Kepala Desa Suriadi,Jum,at (6/8/2021) di depan Kantor Camat Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

“Buk camat, buk camat jumpai kami, kami ingin tahu kenapa ibu sudah memberikan surat penolakan rekomodansi tentang permohonan pemberhentian aparatur desa”, teriak warga yang membawa spanduk bertulisan “Tanpa mediasi dengan kepala desa, ibu camat langsung menolak permohonan pemberhentian aparat desa dan “Kami menginginkan pergantian perangkat desa pasar baru”.

Kades Pasar Baru Suriadi kepada media mengatakan, orasi tersebut karena camat menolak rekomodansi pemberhentian aparatur desa serta tidak adanya kejalasan antara perangkat desa dengan kepala desa yang baru.
Kondisi ini sudah sejak camat Romian yang juga tidak berani memberikan rekomendasi,ucapnya.

27 Agustus 2021 lalu, saya jumpa dan dipanggil camat dan mengatakan bahwasanya yang pertama ada poin-poin tertentu yang harus dilalui. Bahkan camat bicara kepada saya bahwa dirinya ada ditelpon bupati yang intinya keinginan Kepala Desa akan dibutuhi.

Baca Juga :  Panen Jagung 25 Ton, Rutan Labuhan Deli terus Berkomitmen Dukung Ketahanan Pangan Resolusi Permasyarakatan

Suriadi kembali menceritakan, dalam opsi pertama bahwa camat berjanji akan mengadakan mediasi antara Kepala Desa dengan aparatur desa dimana nantinya konsep pengunduran diri kaur dan aparatur desa yang dimaksud.
Jika gagal maka opsi kedua adalah camat akan memberikan rekomendasi sesuai yang diminta Kepala Desa.

Bukan itu saja ,janji manis camat, Senin (2/8/2021) tapi hingga tengah hari malah saya mendapatkan kabar dari Kasi Pemerintahan lewat telepon bahwa mediasi ditunda dengan alasan camat sedang sakit dan menjalani isolasi.

Namun Selasa sore esoknya, sambung Rudi, pihak kecamatan melayangkan surat penolakan pemberhentian aparatur desa. Dimana dalam surat penolakan aparatur desa ditanda tangani camat tertanggal 30 Juli 2021, ini apa sebabnya” kesal Kades Rudi.

Menurutnya Rudi, adanya ketidak selarasan antara kepala desa dengan aparatur desa yang sudah menjadi pemandangan ditengah masyarakat banyak menghambat birokrasi yang ada di Desa Pasar Baru, seperti program pemerintah Kabupaten seperti arahan dan bimbingan Bupati.

Baca Juga :  Berikan Rasa Aman, Babinsa Koramil 431-02/Muntok Dampingi Penjemputan Pasien Yang Akan Laksanakan Isolasi Terpadu (Isoter)

Program bantuan beras imbas dari pemberlakuan PPKM yang sudah kita jelaskan kepada Kepala Dusun dan para Kasi serta Kaur, ditengah masyarakat yang ada kita masih saja disalahkan terutama terkait pendataan dan terakhir dilapangan malah kita disalahkan masyarakat.

“Saya kepala desa pasar baru diangkat 2019 dan dilantik tahun 2020 dan bekerja ditahun 2020, saat ini sekitar 1 tahun 8 bulan saya bekerja. Inilah yang saya rasakan, tidak ada keselarasan dan tidak adapun sedikit kerjasamanya”,ucap Rudi mengakui.

Kedepanya andai tidak adanya tanggapan oleh pihak kecamatan dan rekomendasi tidak diberikan rekomodansi camat, satu atau dua hari paling lama satu seminggu mungkin akan lebih banyak lagi masyarakatnya yang melakukan aksi,sebutnya.

Sementara itu, Camat Teluk Mengkudu, Sri Rahayu melalui Sekcam Teluk Mengkudu, Sujarwo ketika diminta keterangan tentang aturan pemberhentian aparatur desa, Sekcam enggan berikan komentar dan hanya mengatakan nanti kita sampaikan saja kepada camat, saya no comment saja”, ketus Jarwo.

(SB.01 / Jurlis)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Biddokkes Polda Sulteng Gelar Rikkes Berkala Tahun 2022 Di Polres Bangkep

Daerah

GMBI VS PETAKA, Temu Kangen Dan Kolaborasi Untuk Banyuwangi Kedepan

Daerah

Pelantikan PimCab Persatuan Guru Nahdatul Ulama (PERGUNU) Kabupaten Karawang 2022 – 2027

Daerah

Pengurus DPD Hidayatullah Maros Silaturahmi Dengan Bupati Maros

Daerah

47 Satuan Kerja Kemenkumham Jatim Dapatkan Penguatan dari Inspektur Wilayah VI

Daerah

Era baru PSSI Di Tangan Taufik,SE, akan mengharumkan Bola kaki Propinsi Jambi Ketingkat Nasional

Daerah

Eks. Napiter Poso Hadir di Upacara Kemerdekaan RI di Poso

Daerah

Danramil 431-03/Kelapa Beserta Anggotanya Monitor Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Tahap I