49 views

Home / Daerah

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:41 WIB

Polresta Banyuwangi Keluarkan Restorative Justice Terhadap Dua Emak-Emak yang Viral Mencuri di Toko

BANYUWANGI, TRIBUNPOST.COM — Curi tas berisi barang-barang berharga di salah satu toko di Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, dua orang Ibu Rumah Tangga (IRT), diamankan polisi. Beruntung keduanya tak dijebloskan penjara, setelah polisi menerapkan keadilan restoratif atau Restorative Justice (RJ).

Kapolresta Banyuwagi, AKBP Deddy Foury Millewa melalui Kasi Humas Iptu Lita Kurniawan mengatakan, kedua IRT berinisial HW (39), asal Desa/Kecamatan Rogojampi dan YS (55), warga Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore.

“Keduanya ditangkap Unit Reskrim Polsek Rogojampi pada 30 Mei kemarin,” ujar Lita, Selasa (31/5/2022).

Mereka diamankan setelah menggondol tas berisi barang-barang berharga milik EW (29), perempuan asal Desa Gintangan, Kecamatan Rogojampi.

Aksi kedua pelaku berlangsung pada Sabtu (21/5/2022), di salah satu toko di Desa Gintangan tempat korban bekerja. Saat itu pelaku datang ke toko dan berpura-pura menjadi pembeli dengan menyibukkan korban, sebagai kasir toko.

Baca Juga :  25 Pemain Persikapro Siap Menyongsong Liga 3 Zona Jatim, Yang Digelar Bulan Depan

Kebetulan saat itu korban tengah bekerja sendiri. Saat itulah salah satu pelaku menggasak tas yang berada di dekat meja kasir. Di dalam tas berisi perhiasan, voucher belanja, uang tunai, serta dompet berisi KTP, tiga ATM, dan surat-surat kendaraan milik korban.

“Setelah berhasil mengambil tas korban, kedua pelaku langsung kabur meninggalkan toko,” tambah Iptu Lita.

Rupanya aksi keduanya terekam kamera CCTV yang terpasang di dalam toko dan menjadi viral di media sosial. Berbekal rekaman itu, korban langsung melapor ke Polsek Rogojampi.

Laporan korban ditindaklanjuti petugas dengan melakukan penyelidikan hingga menangkap kedua pelaku.

“Kedua pelaku dibawa ke Polsek Rogojampi dan dipertemukan dengan korban,” ujar Kasihumas Polresta Banyuwangi.

Dari situ terungkap motif pelaku karena hidup seorang diri tanpa seorang suami, sehingga mereka nekat mencuri untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Setelah mendengar jawaban dari pelaku, korban memaafkan perbuatan mereka. Kedua belah pihak kemudian sepakat berdamai.

Baca Juga :  Warga Berdatangan Beri Ucapan Selamat Kepada Kades Terpilih Desa Tamasaju Takalar Abdul Asis Dg Nyampa,S.Sos

“Kasus ini telah di RJ kan. Sebab nilai kerugian tak sampai melebihi Rp. 2,5 juta. Kedua pelaku juga telah meminta maaf kepada korban dan berjanji tidak mengulangi lagi perbuatannya. Pelapor kemudian mencabut laporannya,” pungkasnya.

PEWARTA : IRIEK_RLS:HMS

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 47 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Para Nakes di Situbondo Gelar Doa Bersama Untuk Bidan yang Gugur Dibunuh di Papua

Daerah

Edisi Minggu Ceria KBA SMP Negeri 5 Makassar Gelar Family Gathering

Daerah

Silaturahmi FKUB Wajo, Wakil Menteri Agama dan Bupati Kompak Ingatkan Vaksinasi Covid-19

Daerah

Vaksin Merdeka Polres Simeulue Sambangi Warga Desa Leubang Teupah Barat

Daerah

Diduga Sakit, Seorang Pria Di Ambarawa Ditemukan Tewas Di Rumah Kosong

Daerah

Dukung Percepatan Vaksinasi Tingkat Kecamatan Babinsa Koramil 431-01/Jebus monitor pelaksanaan Vaksin

Daerah

Kecamatan Biringkanaya Sambut Makassar Menuju Kota Metaverse

Daerah

PERWOSI Kota Cilegon MOU Dengan PGI Kota Cilegon Terkait Olahraga Wati di Bidang Golf