70 views

Home / Hukrim

Jumat, 10 Juni 2022 - 14:55 WIB

Polres Karawang Amankan Pimpinan Khilafatul Muslimin Purwasuka

KARAWANG, TRIBUNPOST.COM — Polres Karawang Polda Jabar berhasil mengungkap dan menangkap pimpinan Khilafatul Muslimin wilayah Purwasuka (Purwakarta-Subang-Karawang) dan pimpinan cabang Karawang.

Tersangka pimpinan Khilafatul Muslimin Purwasuka berinisal HM (60), dan pimpinan cabang atau ummul quro inisial EU (44).

Hal tersebut di sampaikan Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono saat menggelar konferensi pers di halaman Mako Polres Karawang, Jum’at (10/6/2022).

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono mengungkapkan, adanya kejadian konvoi Khilafatul Muslimin di wilayah Karawang dengan rute Cikampek-Jalan Syekh Quro Wadas kemudian kembali ke Cikampek, pada (29 Mei 2022).

Atas kejadian itu warga merasa resah, sebab organisasi itu menyebarkan paham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

“Atas hal itu pihaknya melakukan rangkaian penyelidikan dan penyidikan, hingga kami melakukan penangkapan kedua tersangka,” ucap Kapolres Karawang.

Kapolres Karawang mengatakan, penetapan kedua tersangka itu setelah hasil serangkaian penyelidikan dan penyidikan, dengan memeriksa sejumlah saksi dan memintai keterangan sejumlah saksi ahli.

Baca Juga :  Keluarga Fendi Sembiring, Korban Penganiayaan di Kab. Langkat Datangi Mapolsek Sei Bingai

Baik itu dari Kesbangpol Karawang, Kementerian Agama Karawang, Majelis Ulama Indonesia (MUI), saksi ahli pidana, bahasa, sosiolog dan komunikasi dan informasi (Kominfo).

“Pada 8 Juni 2022 kami juga melakukan penggeledahan pada rumah yang dijadikan Sekretariat Khilafatul Muslimin wilayah Purwasuka yang tepatnya di Kotabaru Karawang,” ungkapnya.

Barang bukti yang diamankan diantaranya panah, pamflet, buku-buku, baju, papan Billboard buat di motor hingga uang total Rp 12 juta.

Kapolres Karawang menambahkan, kedua tersangka dijerat pasal 82 ayat 2 juncto pasal 59 ayat 4 Undang-undang nomor 16 tahun 2017 tentang penetapan Perpu nomor 2 tahun 2017 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan menjadi Undang-Undang dengan ancaman pidana 5 hingga 20 tahun.

Baca Juga :  Kenakan Baju Tahanan, Redian Dibawa ke Lokasi Ia Menghabisi Kepala BPBD Merangin

Selain itu, keduanya juga diduga melakukan pelanggaran pasal 107 ayat 1 KHUP tentang makar dan ketiga dugaan pelanggaran pasal 14 ayat 2 dan atau pasal 15 undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

“Kami masih terus mendalami lagi dan akan menggandeng pihak MUI, Kesbangpol dan Kemenag Karawang, untuk melakukan pembinaan para anggota yang sudah tergabung.” Pungkasnya.

PEWARTA : EKA

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 68 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Hukrim

Manuputty : Polres Pulau Buru dan Polsek Waeapo Segera Melakukan Penertiban Susulan

Hukrim

Ketua DPRD Tator Dikabarkan Akan Dilaporkan Ke Penegak Hukum, Terkait Dengan Kasus Dugaan Penipuan

Breaking News

Angkut Ilegal Loging Kayu Sono Keling Menggunakan Mobil Siaga Desa

Hukrim

Diduga Sebagai Penadah Penggelapan Sepeda Motor, Tim Resmob Polres Banggai Amankan Seorang Pria di Luwuk Utara

Hukrim

Desa Pakeng Kecamatan Lembang Terpilih Menjadi Kampung Restorative Justice Oleh Kejaksaan Negeri Pinrang

Hukrim

Sidang Pertama Kades Gelaman Sumenep Kasus Pasal 263 Masih Meninggalkan Tanda Tanya

Hukrim

Diselundupkan Dalam Sabun, 6 Paket Diduga Sabu Gagal Masuk ke Lapas Banyuwangi

Hukrim

Polda Jateng Berhasil Tangkap Pelaku Pelempar Kaca Truck Yang Meresahkan Warga