17 views

Home / Daerah

Selasa, 19 Juli 2022 - 19:08 WIB

Petani Warga Karang Reja Apresiasi Program P3-TGAI Poktan P3A Karangreja Sinar Asih

BEKASI, TRIBUNPOST.COM — Dalam rangka perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani, yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mengadakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja Layanan Irigasi Kecil, Irigasi Desa dan Irigasi Tersier.

Seperti kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang di terima dan di laksanakan oleh Kelompok Tani P3A KARANGREJA SINAR ASIH di Kp. Bakung Kulon RT 12/06 Desa Karangreja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang sangat di apresiasi oleh warga masyarakat petani sekitar.

Seperti yang di sampaikan oleh Sakum Abdul Jabar (Petani) warga Kp. Bakungkulon Desa Karangreja, dirinya sangat mengapresiasi dan berterimakasih dengan adanya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di desanya, dirinya menilai petani sangat terbantu untuk sirkulasi air, masuk dan keluarnya air ke persawahan dapat di atur dengan baik.

“Udah bagus ini, saya sangat mendukung kegiatan ini, kalau bisa dari ujung sampai ke ujung di bangun, biar warga petani dapat dengan mudah mengatur sirkulasi air sesuai kebutuhan, masuk dan keluarnya air ke persawahan dapat di atur dengan baik, ” kata Sakum di lokasi kegiatan,

Baca Juga :  Karawang Miskin Ekstrem di Jawa Barat, Para Jurnalis Karawang Turun ke Jalan

Tiko Fajar Somahartadi, S.T., M.T (PPK OP IV) bersama Bagus Winaldi Konsultan Manajemen Balai (KMB) menjelaskan, sasaran dari P3-TGAI adalah pemberdayaan P3A, GP3A dan IP3A dalam kegiatan teknis perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi. Perbaikan irigasi dilakukan untuk mengembalikan fungsi saluran atau bangunan irigasi.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, peserta yang hadir dapat memahami tugas dan tanggung jawab sehingga mampu menumbuhkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan dan peningkatan Jaringan Irigasi,” Jelasnya.

Sementara itu, Asep Ketua Kelompok Tani P3A KARANGREJA SINAR ASIH mengatakan, dirinya sangat berterimakasih kepada Partai PDI Perjuangan atas aspirasinya, dan kepada rekan-rekan di lapangan baik dari Lembaga maupun rekan media, yang sudah memberikan masukan baik saran maupun kritikan, sehingga dapat mengevaluasi segala bentuk kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

“Saya ucapkan terimakasih, Kelompok Tani P3A KARANGREJA SINAR ASIH sudah mendapatkan bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI), dan untuk kualitas bangunan dan materil yang di gunakan tentunya kita sudah komunikasikan dengan KMB, baik material pasir, semen dan ketinggian bangunan, bahwa tidak masalah dengan menggunakan merk semen tertentu, yang penting sudah Standar Nasional Indonesia (SNI),” tegas Asep.

Baca Juga :  Kapolsek Patebon AKP Miyardi Monitoring Jalannya Vaksinasi Di Desa Wonosari

“Dan untuk lebar dan ketinggian, tentunya juga sudah di lakukan pengukuran oleh Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM), yang mana seharusnya 70/30, dan ini kegiatan ada 30/100, yang mana melebihi ukuran yang seharusnya di tentukan, jadi saya rasa tidak ada masalah untuk lebar dan ketinggian bangunan, karena kita menyesuaikan kultur tanah saluran agar lebih maksimal dalam pemanfaatannya”, pungkas Asep.

PEWARTA : AGUS

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolres Takalar dan Dandim 1426, Pantau Pelaksanaan Vaksin di Lapas Takalar

Daerah

Maraknya Pukat Katrol Pelabuhan Samudra Belawan, Menghambat Rezeki Nelayan Tradisional

Daerah

Dampingi PT HMI Kembali Salurkan Bantuan Duka Di Desa Pendreh, Ketua IWO Barito Utara : Sindir Investasi Sekitar Juga Wajib Bantu Warga

Daerah

GMNI Sumba Timur Peduli Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19 di Tengah PPKM

Daerah

Kelompok tani (KTH) Kelompok tani hutan, Desa Lubuk birah,Laksanakan pembitan Minang Bira

Daerah

Tim Patroli Polres Pekalongan Kota, Sasar Obyek Vital Dan Pusat Keramaian Masyarakat

Daerah

Organisasi Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Membagi Paket Makanan Kepada Para Pemudik

Daerah

Jalankan Program Walikota, Dindik Cilegon Gelar Rapat Sosialisasi Pembangunan Gedung SMPN 13