13 views

Home / Nasional

Rabu, 1 Juni 2022 - 22:16 WIB

Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Perkokoh Persatuan

JAKARTA, TRIBUNPOST.COM — Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila menetapkan, bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Dalam Keppres tersebut juga menetapkan pada setiap tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional.

Ditetapkannya tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dikarenakan pada tanggal 1 Juni 1945, kata Pancasila pertama kali disebut oleh Presiden Pertama RI, Soekarno dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Penetapan tersebut juga bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Juni.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Andap Budhi Revianto, ada banyak cara untuk memperingati Hari lahir Pancasila, akan tetapi, memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam pemahaman dan tindakan nyata merupakan cara terbaik dalam memperingati Hari Lahir Pancasila.

Baca Juga :  Tidak Lama Lagi Ibu Kota RI Pindah, Anggota TNI-Polri Duluan !

“Mari kita terus memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam pemahaman dan tindakan nyata, sehingga dapat mengeliminir berbagai implikasi dampak pertarungan ideologi global, serta berbagai friksi dalam sistem nilai dan karakter generasi muda masa depan Bangsa Indonesia,” ujar Andap di ruang kerjanya, Jakarta, Rabu (01/06/2022).

Lebih lanjut Sekjen Kemenkumham mengatakan, Pancasila telah disepakati oleh seluruh Rakyat Indonesia, serta sudah terbukti dan teruji sebagai ideologi yang mampu menjadi pemersatu bangsa.

“(karena) di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai keberagaman dan persatuan antar komponen anak bangsa sebagai pondasi berbangsa dan bernegara,” ucap Andap.

Baca Juga :  Resmi Ditutup, Latma MTT SFAB Gel III TA 2021 Antara TNI AD Dengan US Army

“Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2022. SALAM PANCASILA!” tandas Andap.

PEWARTA : IRIEK_RLS:HMS

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Nasional

Presiden Minta Kepala Daerah Siapkan Tempat Isolasi dan Rumah Sakit Cadangan di Daerah

Nasional

Kapolri : Momentum HUT RI Jadi Upaya Percepat Vaksinasi

Nasional

Sekjend Kemenkumha, Andap Budhi Revianto, Kekuatan HAM Atasi Konflik dan Krisis Dunia

Nasional

Kemerdekaan Pers Makin Kuat, Menkopolhukam: Tak Ada lagi Bredel

Nasional

Kapolri Lepas Bus Vaksinasi Keliling Akan Menyasar Para Warga Secara Langsung Kelokasi Permukiman Yang Tak Terjangkau

Nasional

Ketum PWRI Berang, Bupati Bogor Usik Insan Pers

Nasional

Tak Mau Warga Kesulitan, Kapolri: Jangan Lagi Terjadi Kelangkaan Minyak Goreng Curah

Nasional

Di Gedung BACH, Panglima TNI Dan Kapolri Tinjau Dan Sapa Masyarakat Yang Melakukan Vaksin