Home / Politik

Senin, 27 September 2021 - 10:11 WIB

Pengamat Menilai H.Junaedi,SH Sudah Memiliki Lebih Dari Cukup Modal Politik Untuk Maju PILKADA

TRIBUNPOST JABAR

KARAWANG – Tersiarnya kabar salah seorang Kepala Desa (Kades) di Karawang yang masuk ke dalam prediksi salah satu figur Bakal Calon Bupati (Bacalonbup) Tahun 2024 membuat banyak pihak semakin penasaran akan informasi tersebut. Karena tanpa diduga sebelumnya, Kades Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang yang sudah 3 periode menjabat ini mulai mendapat perhatian kalangan pengamat politik.

Arifin Nugraha yang merupakan salah seorang pengamat politik berpendapat, bahwa kemunculan nama H. Junaedi akan semakin mewarnai persiapan hajat demokrasi Tahun 2024 mendatang, dirinya juga menjelaskan, “Tidak ada istilah terlalu dini ketika mulai bermunculannya nama – nama yang diprediksi bakal ikut bertarung dalam Pilkada serentak nanti,” Senin, (27/09/2021).

Ia juga menjelaskan, “Jarak persiapan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak sudah semakin dekat. Tahun depan, yaitu Tahun 2022, Pemerintah Pusat dan semua Pemerintahan Daerah seperti Pemerintah Provinsi (Pemprov), Kabupaten dan Kota yang akan mengikuti Pilkada sudah mulai menganggarkan anggaran untuk Pemilu, dan di Tahun 2023 tahapan Pemilu sudah dimulai,”

Baca Juga :  Partai Gelora Indonesia, DPD Banyuwangi Siap Bertarung di Pemilu 2024

“Jadi, kalau ada kalangan yang sudah mulai membuat prediksi, bahkan survey awal untuk figur – figur tertentu, sangat lah wajar. Hal itu didasari karena waktu yang semakin dekat, dalam proses politik tidak mengenal kata terlalu dini atau masih sangat jauh ke proses pemilihan. Justru persiapan sudah harus dipersiapkan sedini mungkin, khususnya bagi figur – figur yang mulai diperhitungkan,” Ungkap Arifin.

Ketika ditanya soal figur Kades Wadas, dirinya menerangkan, “Jika saya ditanya mengenai figur Kades Wadas, saya akan memberikan pendapat objektif. Dari sisi kemapanan pengalaman politik, yang bersangkutan tentu sudah sangat mapan, dengan pengalaman yang dimilikinya mengikuti kontestasi Pilkades 3 kali berturut – turut, dan selalu memenangkan kompetisi. Saya rasa itu sudah lebih dari cukup sebagai bekal politiknya untuk maju dalam kontestasi politik level mana pun,”

Arifin juga menambahkan, “Selain itu, dari aspek kemapanan financial, saya anggap hal itu merupakan sesuatu yang bisa dianggap relatif. Secara kemapanan ekonomi, H. Junaedi adalah seorang pengusaha sukses. Tetapi dalam suatu perhelatan politik, sudah dapat dipastikan kalau beliau memiliki tingkat elektabiliti yang tinggi, bantuan – bantuan finacial dengan sendirinya akan menghampiri,”

Baca Juga :  Walau Dianggap Layak Maju Pilkada 2024, H. Junaedi,SH Enggan Tergesa-gesa Tentukan Langkah Politiknya

“Modal dasar sudah dimilikinya, tinggal sekarang kembali kepada yang bersangkutan, serius atau tidak untuk maju? Bila serius, sudah harus membuat framing – framing positif, agar semakin meningkatkan elektabilitasnya. Kalau untuk Daerah Pemilihan (Dapil I) tingkat dikenalnya oleh masyarakat sudah tidak diragukan lagi,” Imbuhnya.

“Tetapi H. Junaedi sudah harus mulai membangun infrastruktur politik di 5 Dapil lainnya. Selain Partai Politik (Parpol), jaringan infrastruktur politik lainnya juga perlu ia bangun. Walau begitu, saya meyakini H. Junaedi sudah memiliki jaringan politik. Karena yang namanya Kades, sudah barang tentu memiliki hubungan baik dengan seluruh Kades disemua Dapil,” Terang Arifin.

“Sudah banyak kok mantan Kades yang berhasil melenggang memenangkan kontestasi politik Pilkada. Kita ambil contoh mantan Kades Tegal Luar, yaitu Dadang Supriatna yang sekarang sudah menjabat sebagai Bupati Bandung periode 2020 – 2024,” Pungkasnya.

Pewarta : Agus Sofyan

Share :

Baca Juga

Politik

Dalam Muscab IV Partai PPP, H. Sahruji Targetkan Kemenangan Pemilu 2024 Mendatang

Politik

DPD Partai Berkarya Cilegon Gelar Rakerda dan pelantikan DPC dan DPAC Se Kota Cilegon

Politik

Kamaruddin Simanjuntak, SH (Ketua Umum Partai Demokrasi Rakyat Indonesia Sejahtera (PDRIS) Targetkan Lolos Ikut Pemilu 2024

Politik

Partai Gelora Indonesia, DPD Banyuwangi Siap Bertarung di Pemilu 2024

Politik

Maraknya Baliho Cak Imim untuk Pilpres 2024, Rahmat toleng : ” itu hal biasa” , PKB Juga Banyak Program Untuk Pandemi Covid-19

Politik

Partai PPP Kota Cilegon Siap Gelar Persiapan Muscab Perdana, Sahruji: Restu dan Doa Para Ulama itu Penting

Politik

DPRD Karawang Melantik PAW dari Fraksi Golkar, AKMALUDIN. SH Untuk menjadi Anggota DPRD Karawang 2019 s/d 2024

Politik

AAS Dinilai Layak Diperhitungkan Pada Kontestasi Pilpres 2024