74 views

Home / Daerah

Kamis, 5 Agustus 2021 - 19:15 WIB

Pantau Kondisi Warga, Puskesmas Surabaya Siaga 24 Jam

SURABAYA JATIM, Tribunpost.com — Dalam virtual meeting dengan para RT/RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), serta kepala puskesmas se-Surabaya, Wali Kota Eri membuat terobosan terkait pelayanan kesehatan yakni membuka puskesmas di seluruh Surabaya 24 jam non stop. Ia juga meminta kepada seluruh RT/RW untuk terlibat aktif lagi memantau kondisi warganya.

Zainal , Kepala Satpol PP kecamatan Lakarsantri, Surabaya

Wali Kota Eri Cahyadi meminta keaktifan seluruh anggota RT/RW untuk menjalin komunikasi yang intens kepada warga. Apabila ditemukan warga yang bergejala Covid-19 seperti sesak nafas, demam tinggi, batuk maka wajib dibawa ke puskesmas terdekat pada saat itu juga.

“Langsung bawa ke puskesmas. Insyaallah ‘ siaga buka 24 jam. Nanti di sana akan diperiksa sekaligus tes swab antigen,” kata Cak Eri pada acara zoom’ meeting di Balai Kota Surabaya,

Dia menjelaskan, apabila swab antigen hasilnya dinyatakan Negatif,, maka Cak Eri meminta keikhlasan warga untuk langsung menjalani isolasi bagi yang bergejala ringan dan mendapatkan obat-obatan sesuai dengan keluhannya.

Baca Juga :  Lina Herlina Kades Sukaluyu : BLT-DD Sudah Diterima 159 Warga Desa Sukaluyu

Jadi kita tidak perlu menunggu hasil swab PCR baru isolasi. Nanti malah semakin menularkan orang-orang disekitar kita,” papar dia.

Selain itu, orang nomor satu di Kota Pahlawan ini meminta agar penularan Covid-19 ini terhenti, maka pada saat warga merasa badannya tidak enak, wajib langsung dibawa ke puskesmas terdekat. Menurutnya, itu penting dilakukan, agar pada saat warga periksa baik ke puskesmas maupun rumah sakit tidak dengan kondisi yang sudah parah.

Ini akan sia-sia kalau RT/RW-nya tidak tahu berapa warganya yang tidak enak badan atau sedang sakit. Jangan sampai ada warga ada yang tidak tertangani. Kita sudah menambah ambulance dan jam operasional 24 jam. Jadi saya nyuwun tulung RT/RW diskusi ke kelurahan dan kecamatan. Intinya kalau ada yang sakit warganya segera saja langsung dibawa ke puskesmas,” jelas dia.

Baca Juga :  Koramil 431-02/Muntok melaksanakan penyaluran paket obat kepada Masyarakat

Tidak hanya itu, Kepala Satpol PP , Kecamatan Lakarsantri ,Zainal pun memastikan, jam operasional puskesmas 24 jam non stop itu, juga didampingi oleh perwakilan petugas kelurahan/kecamatan serta Satpol PP.

Jadi saya minta setiap puskesmas disiapkan petugas kelurahan/kecamatan dan Satpol PP. Ini harus ditangani secara bersama-sama. Kita maksimalkan untuk menyelamatkan warga Surabaya,” ungkap Wali Kota Eri kepada jajarannya.

Tidak lama kemudian, Kamis ,05/08 pukul ,19 : 00 WIB, waktu pergantian jaga bersama Linmas , dan ,Zainal ,Kepala Satpol PP kecamatan Lakarsantri juga “Relawan Surabaya Memanggil, melakukan foto bersama di puskesmas untuk memastikan pembukaan 24 jam puskesmas berjalan lancar.

(okik)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

BMI Pinrang Bagikan Ratusan Takjil Buka Puasa Bagi Pemudik Dan Warga

Daerah

Bati Inteldim 0431/Babar Peltu Bagus Dodi A Hadiri Rapat Koordinasi Perkembangan Politik di Daerah

Daerah

Unars Situbondo Bersama Polres, Kodim dan Puskesmas Gelar Vaksinasi Massal

Daerah

Pemerintah Kabupaten Pinrang Melakukan Pengjangkauan Dan Home Visit Ke Rumah Lanjut Usia Terlantar

Daerah

Atlit-Atlit Muda Gantole Berhasil Sabet Medali Emas Untuk Banyuwangi

Daerah

AKBP Kurniawan Ismail Pimpin Upacara Serah Terima Pelatikan dan Pengukuhan Pejabat Polres Lampung Utara

Daerah

Kegiatan Tim 03 Srikandi Squad-01 Polres Merangin

Daerah

STIE Bina Cipta Madani siap Programkan Sarjana Desa Hadir di Kabupaten Karawang