42 views

Home / Daerah

Kamis, 9 Juni 2022 - 12:25 WIB

Optimalkan Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan, RSUD Cilegon Gelar Sosialisasi dan Pembekalan

CILEGON, TRIBUNPOST.COM — RSUD Kota Cilegon menggelar Sosialisasi Dan Pembekalan Uji Kompetensi Bagi Jabatan Fungsional Kesehatan Di Lingkungan RSUD Kota Cilegon Tahun 2022 di Aula lantai RSUD Kota Cilegon, Kamis (09/06/2022).

Dalam Sambutannya, Plt Direktur RSUD Kota Cilegon, Dr. Puji Sulastri, Sp.Tht Kl mengatakan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Pejabat Fungsional Kesehatan perlu dilaksanakan uji kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan.

“Uji kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja Pejabat Fungsional Kesehatan yang dilakukan oleh Tim Penguji dalam rangka memenuhi syarat kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi,” Kata Dr. Puji.

“Perlunya uji kompetensi Jabatan Fungsional didasarkan pada suatu kenyataan bahwa lingkup pekerjaan Jabatan Fungsional tersebut memiliki cakupan yang cukup luas, membutuhkan penguasaan pengetahuan standar teoritis di bidangnya, serta memerlukan penguasaan khusus secara substansial menurut tingkat keahlian pada bidang tertentu. Berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan No.18 Tahun 2017 tentang Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan”. Jelasnya.

Lebih Lanjut, Dr. Puji menyampaikan, RSUD Kota Cilegon telah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan sebagai pelaksana uji kompetensi.

“Hari ini kami menyelenggarakan sosialisasi dan kegiatan pembekalan agar peserta sebelum ujian kompetensi memahami persyaratan dan tata cara pelaksanaan ujian yang akan dilaksanakan tanggal 23 sampai dengan 25 Juni 2022 nanti. dalam kesempatan itu tersebut juga plt Direktur RSUD Kota Cilegon berpesan agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini sebaik-baiknya,” Ucapnya.

Baca Juga :  Tekad Wawako Maulana di Masa Pandemi : UMKM Jambi harus Bangkit.

“Saudara-Saudara akan dibekali dengan berbagai materi yang nantinya akan diujikan ikutilah Pelaksanaan Sosialisasi dan pembekalan ini dengan sebaik-baiknya dan jagalah kesehatan. saya berharap agar saudara sekalian terus menimba ilmu dan wawasan yang seluas-luasnya. uji kompetensi jangan hanya dimaknai proses seleksi, tetapi momentum untuk meningkatkan motivasi agar bisa menjalankan tugas yang lebih baik lagi dan berkualitas,”ujar dokter spesialis THT ini.

Masih Puji, Pergeseran Paradigma Penyelenggaraan Pemerintahan Dari “Rule Government” Menjadi “Good Governance” Atau From Government To Governance”, Dari Sentralistatik Ke Desentralistis, Maka Perlu Disikapi Dan Diimbangi Dengan PNS Yang Memiliki Kompetensi Yang Memadai Dan Sesuai Dengan Tuntutan Tugas.

“Keberadaan PNS Di Era Reformasi Dan Penyelenggaraan Otonomi Daerah Sekarang Ini Memiliki Posisi Yang Sangat Strategis, Karena Lancar Tidaknya, Baik Buruknya Penyelenggaraan Pemerintahan Dan Pelayanan Publik, Sangat Tergantung Kepada Kompetensi Yang Dimiliki Dan Dikuasai Oleh PNS Di RSUD Kota Cilegon,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum RSUD Kota Cilegon, Faruk Oktavian mengatakan kegiatan ini diikuti 162 peserta. Mereka adalah peserta dan penguji tenaga kesehatan yang berlatar belakang PNS.

Baca Juga :  Miris , SDN Palumbonsari 01 Kartun Dapat Bantuan Pemagaran, Diduga Masih Minta Partisipasi ke Wali Murid

“Ujian kompetensi bagi jabatan Fungsional Kesehatan akan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 23 sampai dengan 25 Juni 2022,” ucapnya.

“Peserta yang akan mengikuti uji komptensi nanti berjumlah 92 Orang yang terdiri dari Yang Terdiri Dari Dokter Spesialis 9 Orang, Dokter Umum 7 Orang, Perawat 41 Orang, Bidan 8 Orang, Nutrision 3 Orang, Asisten Apoteker 7 Orang, Apoteker 2 Orang, Sanitarian 3 Orang, Perekam Medis 4 Orang, Laboratorium 3 Orang, Radiografer 3 Orang, Teknisi Elektromedis 1 Orang, Promosi Kesehatan 1 Orang

“Team Penguji terdiri dari 14 team dari masing-masing profesi dan 2 team penguji dari luar RSUD Cilegon yaitu asisten apoteker dan perekam medis, lanjut Faruk.

PEWARTA : KHARFIL MURSIDIN

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 43 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Laksanakan Monitoring Kegiatan Vaksinasi Tahap I, ini yang disampaikan Danramil 431/ Kelapa

Daerah

Desa Sempol Ciptakan Pemuda yang Mandiri Penuh Inovatif

Daerah

Ketua Apdesi Jabar Apresiasi Giat Bakti Sosial Direktur Intelkam Polda Jabar

Daerah

SMAN 2 KS Cilegon Gelar Vaksinasi Covid19 Dosis Ke-2

Daerah

Di Duga Akibat Korsleting Listrik, Rumah Gunawan Warga Desa Dewisari Hangus Terbakar

Daerah

Dandim 1002/HST Apresiasi Warga Relakan Tanah Untuk Bangunan Musholla

Daerah

Hendra Supriatna SH.MH : PT. Atlasindo Utama Main Mata dengan Pemkab Karawang

Daerah

Kades Kepanjen Jember Targetkan PTSL Tuntas Akhir tahun 2021