104 views

Home / Artikel

Senin, 6 Juni 2022 - 20:44 WIB

Nirwana Sang Milenial Pengelola Cetakan Batu Bata “FM”

BOGOR, TRIBUNPOST.COM — Kampung Leuwibengkong RT 01/ RW 10 Desa Sadeng Kolot Kecamatan Leuwisadeng. “FM” sebuah nama percetakan batu bata yang telah berdiri dari tahun 2005. Nirwana alias Wawan, seorang pria berusia 35 tahun pemilik sekaligus pengelola percetakan batu bata sedikit bercerita mengenai awal mula berdirinya Percetakan batu bata “FM”.

pemilik dan pengelola percetakan batu bata Wawan mengatakan “Awal berdirinya percetakan batu bata ini dikelola oleh keluarga. Semua pekerjanya adalah keluarga. Dari bapak saya, saya, hingga mamang saya. Itu yang kerjanya. Nah itu juga yang melahirkan nama “FM” yang berarti Family. Dulu itu yang kerja masih sedikit dan produksinya belum terlalu besar. Tidak seperti sekarang.” jelasnya

Kini Percetakan Batu Bata “FM” sudah 17 tahun berdiri. Memiliki lahan seluas 1 Hektar lebih. Dan memiliki 23 orang pekerja. Terdiri dari:

1. 6 orang pencetak batu bata dengan gunakan mesin pencetak

Baca Juga :  Surat Cinta Untuk Mas Nadiem Makarim

2. 3 orang pengering batu bata

3. 5 orang pengangkut batu bata dari tempat pengeringan ke tempat pembakaran

4. 3 orang penyusun batu bata ditempat pembakaran

5. 2 orang pelaku pembakaran

6. 4 orang yang mengurus persediaan kayu bakar

Kapasitas tempat pembakaran batu bata, sekali bakar, sekitar 50-80 Ribu buah. Pembakaran minimal 4 hari, 4 malam lamanya, dan maksimal selama seminggu. dimana pembakarannya dalam perhari menghasilkan 8000 batu bata matang.

Pengakuan Saudara Wawan selaku pengelola cetakan Batu Bata “FM”, Bahwa Harga batu bata tergantung dari seberapa jauh tempat pengiriman. Untuk daerah Leuwisadeng dan sekitarnya berkisar Rp. 600-650 rupiah/bata, Dramaga-Cibinong dan sekitarnya 800-850 rupiah/bata. Sedangkan untuk daerah diluar Bogor, Jakarta misalnya Rp. 1000-1200/bata. Ia juga menambahkan, hal ukuran bata yang diproduksinya itu berukuran: P. 20 cm, T. 5 cm dan L. 15 cm.

Selain membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya. Dimasa mendatang, dengan kualitas maksimal, Percetakan batu bata ”FM” ini pantas mendapat perhatian dari Pemerintah Khususnya Pemda Kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Pemimpin Pembelajaran Dalam Pengelolaan Sumber Daya Sekolah dan Efektifitas Pemanfaatannya

Diakhir temu wicara dengan media Tribunpost.com. Mengatakan “Dari kecil kita membangun, jangan langsung ingin besar. Terpenting, kita tekun, rajin dan tetap menjaga kualitas, pasti dari satu yang kecil itu akan menjadi besar dengan seiring berjalannya waktu”. Pungkas wawan.

PEWARTA : ILHAM JS

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 102 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Artikel

Saudi dan Delusi Dominasinya (Bagian 1)

Artikel

Menjawab Hoax : Predator Seks Berkedok Pengasuh Pesantren Penganut Syiah

Artikel

Komisioner KPK Saat ini di Masih yang Terbaik dalam Melakukan Pemberantasan Korupsi

Artikel

Jeritan Pedagang PKL Ditengah Pandemi, Bagaimana Pemimpin Menyikapi ??

Artikel

Mujib Alwy, S.Pd : Etos Kerja Guru Abad 21

Artikel

Ini Mitos ” Dan Larangan yang Tidak Dilakukan di Malam “Satu ‘Suro.

Artikel

Review Buku, Tafsir Kebahagiaan: Tafsir Al-Quran Menyikapi Kesulitan Hidup

Artikel

Adian Napitipulu : Meluruskan Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949