41 views

Home / Nasional

Rabu, 18 Agustus 2021 - 19:07 WIB

Naskah Asli Teks Proklamasi Dikembalikan ke ANRI

JAKARTA, Tribunpost.com – Naskah asli Teks Proklamasi telah dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertempat di Istana Merdeka,  Selasa (17/08/2021). Sekretariat Presiden segera mengembalikan dokumen bersejarah tersebut kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Rabu (18/08/2021).

Proses pengembalian naskah asli Teks Proklamasi tersebut dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko, kepada Direktur Preservasi ANRI, Kandar, yang berlangsung di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan. Kegiatan ini turut disaksikan oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden, Erry Hermawan dan Plh. Kepala Biro Umum ANRI, Dipo Winarto.

Baca Juga :  Pimpin Upacara di Istana Merdeka, Presiden Kenakan Pakaian Adat Lampung

Sebelumnya, naskah bertulis tangan Sang Proklamator, Ir. Soekarno tersebut dibawa dari tempat penyimpanan di Istana Merdeka menuju ANRI untuk kemudian dilakukan serah terima dan kembali mendapatkan perawatan terbaik.

Menurut catatan sejarah, naskah asli Teks Proklamasi tersebut diselamatkan dan disimpan oleh seorang tokoh pers dan pejuang kemerdekaan, B.M. Diah, untuk kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua Republik Indonesia, Soeharto. Selanjutnya, naskah tersebut diteruskan kepada Menteri Sekretaris Negara 1988-1998, Moerdiono.

Baca Juga :  Hari ini, Jakarta Tembus 4.895 Kasus Baru Covid-19

Pada tahun 1992, Moerdiono kemudian menyerahkan dokumen bersejarah tersebut kepada ANRI untuk disimpan dan dirawat dengan baik hingga saat ini.  (red)

(Visited 12 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Nasional

Kapolri Apresiasi Kinerja Dai Polri di Poso, Hingga Janjikan Sekolah

Nasional

25 Narapidana Konghucu Terima Remisi Khusus Imlek

Nasional

Restorative Justice Sebagai Sarana Pemulihan Pidana Anak Dan Dewasa

Nasional

Presiden: Pramuka Harus Jadi Pelopor Disiplin Protokol Kesehatan

Nasional

Ketum PWRI Kecam Premanisme Terhadap Wartawan Di Binjai

Nasional

Penerapan PPKM : Pertimbangkan Aspek Kesehatan, Ekonomi dan Dinamika Sosial

Nasional

Ombudsman RI Ganjar Kemenkumham Soal Kepatuhan

Nasional

Stok Darah Langka, Kemenkumham Sumbang 400 Kantong