65 views

Home / Daerah

Minggu, 22 Agustus 2021 - 22:47 WIB

Musim Angin Datang, DLH Lakukan Pemangkasan Pohon Sepanjang Jalan Antipasai Tumbang

PROBOLINGGO JATIM, Tribunpost.com –Tak peduli hari minggu kantor libur petugas Dinas Lingkungan Hidup ( DLH ) kota Probolinggo terus melakukan pengecekan pohon yang usianya sudah tua sepanjang jalan. Setiap bulan agustus, musim angin mulai memasuki Kota Probolinggo, untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang, jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo secara intens mengecek beberapa pohon dengan usia tua yang dianggap rawan tumbang.

“Pohon-pohon di jalan yang rawan tumbang, kita coba antisipasi dengan melakukan pemangkasan atau ditebang, “kata Kepala DLH Kota Probolinggo, Rachmadeta Antariksa. Minggu (22/8/2021).

Kejadian pohon tumbang beberapa waktu lalu, menurutnya, pohon-pohon tersebut sudah berada dalam pengawasan DLH dan masih dianggap aman dari bahaya pohon tumbang, usia pohon tumbang juga belum terlalu tua, namun karena angin yang cukup kencang sehingga DLH tidak bisa memprediksi akan terjadi tumbang pada pohon-pohon tersebut.

Baca Juga :  Cellica Curhat Di Instagram Ngaku Lagi Dikhianati

“Memang ada beberapa pohon yang lokasinya berada di ruas jalan Nasional, dan kita tidak bisa memprediksi karena bukan ranah kita masuk kesana, “terangnya.

Berbeda dengan beberapa pohon yang berada di ruas jalan milik Pemkot Probolinggo, selalu menjadi perhatian dari DLH. Masih di tengah kondisi cuaca angin terkadang diikuti hujan, Rachmadeta tetap memerintahkan jajarannya untuk terus mengecek keberadaan pohon-pohon yang masih dianggap rawan.

Baca Juga :  Pemkot Cilegon Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

“Kami telah melakukan pemangkasan pohon juga di beberapa ruas jalan, seperti di Jalan Gatot Subroto, Dr Saleh dan beberapa titik lainnya, ‘ujarnya.

Selain antisipasi pohon tumbang yang harus di waspadai, Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, khususnya sampah yang di buang ke selokan atau sungai. Hal itu bisa menyumbat aliran sungai dan mengakibatkan banjir apabila musim hujan. Sosialisasi tidak membuang sampah sembarangan selalu dilakukan oleh DLH.

“Jangan sampai terjadi banjir yang di salahkan sampah, tetapi perilaku manusia yang harus di salahkan, “ungkap Deta panggilan akrabnya. (Agus)

(Visited 26 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Ahli Waris Ota Bin Opok Akan Mendatangi Bupati Karawang Karena Tanahnya Di Garap Pihak Lain , Sedangkan Setiap Tahun Bayar Pajak

Daerah

Komandan Kodim 0431/Bangka Barat didampingi Ketua Persit berikan Jam Komandan Kepada Prajuritnya

Daerah

Bupati Karawang Soft Opening “Mall Pelayanan Publik” di Galuh Mas

Daerah

Syafrial Bakri : “Pemdes Batujaya Harus Taat Dan Patuh Kepada Undangan Dari PN Karawang”

Daerah

Halal Bi Halal Jadi Ajang Mempererat Tali Silaturahmi Antara Petugas dan Warga Binaan Lapas Banyuwangi

Daerah

PAD Kab. Situbondo Merosot 10 Miliar

Daerah

Cegah Virus Covid-19, Patroli KRYD Polsek Banggai Himbau Patuhi Prokes Pada Sejumlah Warga

Daerah

Sat Lantas Polres Bangkep Beri Sim Reward Pada Pemohon Yang Lahir Ditanggal 17 Agustus