31 views

Home / Daerah

Senin, 11 Juli 2022 - 17:34 WIB

Masyarakat Bulurokeng Dua Hari Salat Hari Raya Idul Adha 1443 H 2022

MAKASSAR, TRIBUNPOST.COM — Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H tahun 2022 terjadi perbedaan pelaksanaan Salat di Wilayah Indonesia.

Sementara Pemerintah Republik Indonesia menetapkan tanggal 10 Juli 2022, tetapi sebagian masyarakat sudah melaksanakan pada Sabtu 9/07/2022.

Masyarakat Kelurahan Bulurokeng Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar umumnya melaksanakan Salat Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun 2022, walau beberapa diantaranya melaksanakan pada Sabtu, 9/07/2022.

Pantauan Tribunpost, Warga Masyarakat RW 02 Kelurahan Bulurokeng melaksanakan Hari Raya Idul Adha di Lapangan Bulurokeng Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar pada Ahad, 10/07/2022, yang juga dikawal pengamanan Bhabinkamtibmas Bulurokeng Bripka Arifuddin.

Salat Ied dipimpin Imam Kelurahan Bulurokeng, H. Ms. A. Hamid HS, tertib lancar penuh hikmad diikuti ratusan warga yang bukan hanya RW 02, tetapi masyarakat luar bulurokeng juga ikut Salat ied di bersama warga RW bulurokeng.

Ustadz Lukman Hakim dalam Khutbahnya bahwa “puncak kesyukuran kita adalah Takwa. Salat Hari Raya Idul Adha merupakan bentuk syukur kita Allah SWT tidak lepas kaitan momen terjadi ribuan tahun silam tentang kehidupan seorang manusia agung Nabiyullah Ibrahim AS Nabi yang bergelar Khalilullah “Kekasih Allah SWT” bersama putranya Ismail AS.

Idul Adha adalah cara kita mengerti bagaimana syukurnya orang orang yang diberikan derajat tertinggi, kita dapat melihat melalui momentum setiap tahun dilaksanakan Qurban.

Nabiyullah Ibrahim AS adalah derajat tertinggi mahluknya Allah setelah Rasulullah Muhammad SAW Nabi yang bergelar Al Amin Al Anbiya.

Baca Juga :  Polres Karawang Polda Jabar Menggelar Pemotongan Hewan Qurban

Beberapa hal terpenting yang bisa kita contoh untuk menirunya :

  1. Sedikit yang kita tiru dari orang orang saleh pilih Allah SWT menjadi sarana pintu untuk mendapatkan Rahmatnya Allah SWT.
  2. Ketika kita hadir Idul Adha selalu diingatkan bagaimana seorang Nabiyullah Ibrahim AS mencapai puncak kemuliaan ternya syukurnya Nabiyullah Ibrahim AS adalah syukurnya orang orang yang luar biasa.
  3. Para ahli sejarah mencatat yang ditulis para Ulama didadalam kitab “albidayah wannihayah” bahwa Nabiyullah Ibrahim AS adalah orang kaya raya dimasanya, suatu hari keluar mencari Ridha Allah SWT dengan membawa 1000 ekor gibas, 300 ekor lembu, dan 100 ekor unta.

Dilingkungan kita kumandangkan “takbir, Allahu Akbar 3 X laa ilaa haillallahuwallahuakbar Allahu Akbar walillahil hamd, sementara di Arafah tanah haram jutaan jemaah haji seluruh dunia mengucapkan talbiyah “labbaik Allahumma labbaik laa syarika laka labbaik innal hamda wanni’mata laka wal mulk laa syarika laka labbaik” senandung kalimat menjadikan Rahmat Allah Allah SWT tumpah dihari qurban ini.

Tidak ada hari kemuliaan melebihi idul adha kecuali hari hari tertentu, salah satunya “nifsu sya’ban” yang derajatnya “Lailatul Qadar”

Allah SWT memberikan wujud anugerah Rahmat kepada kita ummat Rasulullah dengan rasa syukur, maka niatkan setiap langkah, perbuatan,ibadah, hidup dan mati dengan satu saja niatnya “lillahi rabbill Alamin”

Baca Juga :  Peringati HUT Kemerdekaan RI ke 76, Ketua DPRD Bangka Tengah Bacakan Naskah Proklamasi

Melalui kesempatan mulia ini, kita bersama memulai yang paling sederhana dari derajat syukur kita Allah SWT senantiasa mengucapkan Alhamdulillah.

 

Diantara ni’mat lain yang paling besar Allah berikan melalui satu contoh seorang Nabi yang saleh putra Nabi Ibrahim AS cara mendapatkan Rahmat Allah SWT dengan membuka lembaran hidupnya oran saleh, para ulama mengajarkan kalau dapat nikmat rezeki ayo baca barazanji.

Al Imam As Syahrawi kalangan tasyawuf luar biasa menyampaikan bahwa derajat rezeki nikmat Allah SWT :

  • Al maal (harta)
  • Wal ‘afiyah (kesehatan lahir bathin, merupakan rezeki paling tinggi)
  • Wa abenah shulihim (anak saleh saleha, adalah rezeki paling utama)

Ajarkan anak cucu kita semua dengan Salat dan bacaan Qur’an, itulah modal anak saleh saleha, ulas Ustadz Lukman Hakim guru pesartren Al Fakhriyah Bulurokeng Makassar.

PEWARTA : MUNIR JUNIORĀ 

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 28 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kabag Ops Polres Bangkep Menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bangkep Dalam Rangka Peresmian Dan Pengambilan Sumpah Anggota DPRD PAW An.Hamira Sahid, S.E.

Daerah

Buka Puasa Bersama, Anggota DPRD Banten Dede Rohana Putra Bagikan Ribuan Bingkisan Sembako

Daerah

Rapat Konsolidasi dan Audit Organisasi Partai Golkar di Kecamatan SilahiSabungan

Daerah

Kasi Bidanik Lapas Kls II A Karawang Menghadiri Seminar Criminal Justice System

Daerah

Security Awareness Pengenalan Objek Vital Nasional PGN Group

Daerah

Rumor Ganjil Genap Di Jalur Tuparev-Kertabumi, Pedagang Pasar Karawang Ancam Unjuk Rasa

Daerah

Ambulance Gratis, Gagasan Hakimin Chan, SH Bukti Kepedulian Ke Masyarakat Pesisir Selatan

Daerah

Babinsa Koramil 431-02/Muntok Pantau Pemakaman Pasien Covid-19