48 views

Home / Daerah

Senin, 9 Agustus 2021 - 11:30 WIB

Makna HUT RI Dan Tahun Baru Islam Bagi Seorang Komandan Sektor-18 Satgas Citarum Harum Kodam III Siliwangi

KARAWANG JABAR, Tribunpost.com – Di bulan Agustus ini Bangsa Indonesia yang merupakan negara yang memiliki penduduk mayoritas Umat Islam di Dunia, bukan hanya memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia saja, namun Bulan Agustus tahun 2021 ini bertepatan dengan tahun baru Islam 1443 Hijriyah, seperti inilah Komandan Sektor-18 Satgas Citarum Harum Kodam III Siliwangi dalam memaknai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertepatan dengan masuknya Tahun Baru Hijriyah 1443.

Menurut Komandan yang memiliki nama lengkap Kolonel.Infanteri.Moch Ridwan,.S.Ip,. Bahwa makna Tahun Baru Islam merupakan sebuah moment besar sekaligus pengingat peristiwa penting saat Nabi Besar Muhammad S.A.W berhijrah dari Kota Mekkah ke Kota Madinah, yang kemudian dari moment tersebut melahirkan Tahun Hijriyah dan ditetapkanlah pada saat itu sebagai Tahunnya Ummat Islam yang berpatokan pada perputaran orbit Bulan pada Bumi.

Baca Juga :  Masyarakat Bulurokeng Dua Hari Salat Hari Raya Idul Adha 1443 H 2022

Selain itu, Tahun baru Hijriyah juga bisa dimaknai sebagai semangat perjuangan Ummat Islam yang tidak pernah mengenal rasa lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama Islam oleh Rasulallah Muhammad S.A.W dengan para sahabat – sahabatnya.

Tahun Hijriyah dalam pandangan Komandan yang berpangkat Perwira menengah ini, bisa dijadikan moment perubahan, dipergunakan sebagai waktu yang tepat untuk berintropeksi diri, bermuhasabah, meninggalkan hal – hal yang buruk dan menggantinya dengan semua kebaikan.

Sedangkan, Hari besar Bangsa Indonesia di Bulan Agustus ini, tepatnya di tanggal 17 Agustus, yang merupakan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menurut Moch Ridwan, bukanlah akhir perjuangan dari segenap bangsa Indonesia, namun seharusnya moment kemerdekaan ini dikatakannya lagi dapat dijadikan sebagai moment pemersatu bangsa, disertai dengan menumbuhkan rasa saling menghargai dan saling menghormati sesama bangsa Indonesia yang kaya akan suku bangsa, budaya bahkan bahasanya.

Baca Juga :  Bupati Apresiasi Serbuan Vaksinasi Covid-19 dari TNI AU, Masyarakat Kabupaten Berau Antusias

“Hal tersebut dapat terlihat secara kasat mata, di Hari Kemerdekaan tahun ini Pesawat Kenegaraan Republik Indonesia telah dirubah dari yang tadinya berwarna biru menjadi berwarnah Merah Putih, sebagai simbol kebanggan segenap rakyat Indonesia,”pungkasnya.

Penulis : Taofik Haryadi/Opik

Kabiro Tribunpost Karawang

(Visited 4 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Lapas Jember Beri Pelatihan Budidaya Jamur Tiram pada WBP

Daerah

Tetap Patuhi Prokes Covid-19 Babinsa Koramil 431-01/Jebus, laksanakan Komsos dengan Warga binaan

Daerah

Karang Taruna Kabupaten Aceh Jaya Gandeng Babinsa Lakukan Aksi Peduli Kemanusiaan

Daerah

Sadar Vaksin Aman dan Halal, Warga Banjiri Vaksinasi Presisi Keliling di SMA Teupah Selatan

Daerah

TMMD Pemda Karawang Gandeng Kodim 0604 karawang Untuk Pembangunan Desa

Daerah

LKPJ Bupati Pinrang Tahun 2021, DPRD Serahkan 15 Rekomendasi

Daerah

Pelantikan dan Rapat KADIN Pimpinan Kabupaten : Bersama Kita Bisa Bekerja Sama

Daerah

Rombongan Komisi III DPRD Karawang Kecewa, Saat Sidak Ke Lokasi Kebocoran Pipa Pihak Pertamina Acuh Tak Acuh