158 views

Home / Daerah

Minggu, 15 Agustus 2021 - 19:33 WIB

Makam Para Bupati Karawang Yang Terdahulu Kurang di Perhatikan oleh Pemkab Karawang

KARAWANG JABAR, Tribunpost.com – Tempat tempat bersejarah menjadi saksi bisu bagaimana sebuah bangsa di masa lalu, sehingga perlu dijaga kelestariannya. Termasuk makam-makam atau petilasan para leluhur yang mempunyai nilai historis di Kota Pangkal Perjuangan, justru kini terbengkalai lantaran kurang perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

Seperti diungkapkan Anggota Paguyuban Singaperbangsa, Eyang Andri. Sebagai kuncen, ia pun mengajak masyarakat dan khususnya Pemkab Karawang, untuk menyelamatkan serta merawat bangunan cagar budaya, Makam Adipati Singaperbangsa yang berada di Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Tidak ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Karawang, bahkan kondisinya mohon maaf, sekarang seperti kandang ayam,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (15/8/2021).

Baca Juga :  Hujan Deras Mengguyur Makassar Camat Biringkanaya Turun langsung Tinjau Wilayah Terdampak Banjir

Andri menambahkan, pihaknya menganggap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang kurang menghargai sejarah. Bagaimana dapat mengingat perjuangan besar leluhur hingga menjadi ibrah di masa depan, sementara kondisi bangunannya saja dibiarkan memprihatinkan.

“Di Mangunjaya kondisinya kurang terawat dan akses jalan mulai banyak yang rusak. Bangunan sudah tidak layak, seperti gapura, pagar dalam dan Makam Bupati sendiri bangunannya sudah pada retak,” paparnya.

Lebih lanjut, meski memakai batu marmer, penataan Makam Singaperbangsa tidak layak lantaran struktur bentuk yang kurang memiliki nilai seni. Kematian itu tanda orang-orang yang menerima kebenaran tanpa syarat, fatamannawul mauta in kuntum shadiqin. Sehingga nisannya perlu sentuhan seni pahat hingga menampakkan kecantikan (jamaliyah) dan keperkasaan (jalaliyah).

Baca Juga :  Gunakan Motor, Kapolres Purbalingga Dan Dandim Bagikan Sembako Di Wilayah Terpencil

“Coba lihat bangunan dan makam-makan di Banten, di Cirebon dan di Jogja, memang benar-benar bagus,” terangnya.

Andri menambahkan, Pemkab Karawang harus menghargai para pejuang terdahulu. Karenanya sudah waktunya Bupati melalui OPD terkait, untuk memperhatikan kembali bangunan bersejarah, seperti makam Adipati Singaperbangsa, serta cagar budaya lainnya.

“Jika ada beberapa yang harus diperbaiki, segera perbaiki. Jangan sampai dibiarkan hilang jejaknya, yang tertinggal cuma cerita tutur tanpa ada wujud bangunan,” pungkasnya.

(Agus Sofyan)

(Visited 104 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Selama Libur Idul Fitri, RSUD Haji Tetap Buka Pelayanan 24 Jam

Daerah

Polres Bangka Barat Gelar Operasi Patuh Menumbing 2021

Daerah

Masa Ta’ruf Santri Baru Pondok Tahfidz Yayasan Al-Hijrah Mappideceng

Daerah

Good job..!!!, Babinsa Koramil 431-03/Kelapa Bagikan Sembako Gratis kepada Masyarakat

Daerah

Pendemo di Karawang Bakar Foto Arteria Dahlan

Daerah

Torehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 Kali Berturut-Turut Menjadi Salah Satu Capaian Bergengsi Bagi Pemkab Pinrang

Daerah

Rapat Lintas Sektoral Antisipasi Lonjakan Covid-19 Pada Perayaan Natal 2021 Dan Tahun Baru 2022

Daerah

Warga Berdatangan Beri Ucapan Selamat Kepada Kades Terpilih Desa Tamasaju Takalar Abdul Asis Dg Nyampa,S.Sos