123 views

Home / Daerah

Selasa, 31 Mei 2022 - 14:21 WIB

LSM Inakor Minta Lembaga Independent dan Pemkot Cilegon Audit Legal dan Keuangan CCSR

CILEGON, TRIBUNPOST.COM — Keberadaan lembaga Cilegon Corporate Social Responsibility (CCSR) yang sedang disoroti oleh Forum Komunikasi Ormas OKP dan LSM (FKO2L) Kota Cilegon, juga dipertanyakan perannya oleh elemen masyarakat di kota industri tersebut.

Seperti yang diungkapkan Ketua DPW LSM Independen Nasionalis Anti Korupsi (Inakor) Provinsi Banten, Handi Oktavianus yang tergabung dalam FKO2L. Ia mempertanyakan peran lembaga CCSR tersebut selama beberapa tahun terakhir yang dinilai kurang transparan.

“Menindaklanjuti sorotan teman-teman FKO2L yang dalam pertemuan siang tadi, saya mempertanyakan peran CCSR selama ini seperti apa, vakum atau bagaimana ? Karena kalau memang kegiatan CCSR ini dipublikasi secara terbuka, mungkin teman-teman lembaga juga tidak menanyakan,” katanya. Selasa (31/5/2022).

“Dan sejauh ini apa masyarakat Cilegon tahu eksistensi CCSR yang dalam hal ini menyalurkan CSR dari industri ? Berapa semuanya ?,”imbuhnya.

Lebih lanjut, LSM Inakor menjelaskan soal kejanggalan legitimasi wadah CCSR berupa payung hukum Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2012 yang tidak diiringi dengan lanjutan Perwal dari Pemkot Cilegon sebagai wadah organisasi.

Baca Juga :  DPD LSM Penjara Serta Korwil Media Buser Jatim Bersatu Menyalurkan Bantuan Sembako Kepada Korban Semeru

“Pertama keluar Perwal di tahun 2011 yang gugur karena setahun kemudian terbitlah Perda Nomor 10 sebagai payung hukum CCSR, di mana dalam Pasal terakhir disebutkan instruksi agar kembali dibuat Perwal untuk mewadahi CCSR paling lambat 6 bulan. Tapi sampai sekarang sudah ada Perwalnya belum, sudah berapa tahun ? lah terus CCSR itu statusnya bagaimana ?” bebernya.

Handi juga mengusulkan agar ada penguatan program-program yang lebih esensial dan struktural CCSR, supaya ke depan kinerjanya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Cilegon.

“Dari informasi yang kita dapat dari teman-teman program CCSR ini dari dulu lebih banyak kegiatan fisik seperti jambanisasi. Sementara untuk pembangunan SDM seperti beasiswa, pembinaan UMKM, pelatihan ketenagakerjaan mana ? Maka perlu adanya penguatan lembaga ini oleh Pemkot Cilegon,” harapnya.

Untuk itu, pihaknya mendesak kepada Pemkot Cilegon untuk melakukan audit terhadap CCSR terkait program yang sudah berjalan. Terlebih sudah habisnya masa periode kepengurusan yang ada saat ini.

Baca Juga :  Kapolsek Pagimana dan Balantak Salurkan Bantuan Alqur'an dari Kapolres Banggai di Masjid

“Dari ratusan industri raksasa di Cilegon, kita sebagai masyarakat belum tahu berapa industri yang menyalurkan CSR nya melalui CCSR, berapa anggaran yang dikelola pertahunnya. Maka ini perlu ada audit legal dan keuangan oleh lembaga independen dan Inspektorat serta Bidang Hukum Pemkot Cilegon,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua CCSR Huluhul Fahmi saat di konfirmasi melalui pesan WhatsApp enggan berkomentar. “Saya masih kegiatan, Baiknya agar berimbang tanya pak walikota saja sebagai pimpinan kami”, ujarnya.

PEWARTA : KHARFIL MURSIDIN

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 121 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Terima 329 Mahasiswa KKN Tematik Gelombang 108 Unhas di Takalar

Daerah

Peringatan Hari Guru Jadi Ajang Tawuran Pelajar SMP di Tangsel

Daerah

Peringati Milad ke 1 Tahun, Ormas LPKMP Kota Cilegon Gelar Donor Darah dan Santuni Anak Yatim

Daerah

7 Fraksi DPRD Jember Setujui RPJMD Tahun 2021-2026

Daerah

Bhabinkamtibmas Polsek Gemuh Monitoring Valsinasi Tahap II Di Desa Binaanya

Daerah

PPKM Jangan Pilih Tebu Ke Pengusaha Dan Resto. Emak – Emak Demo Kantor Polsek P. Cermin

Daerah

Para UMKM di kec Klari di berikan Modal Usaha Oleh NU Care – Lazisnu dan CSG Group

Daerah

Wakapolres Soppeng Pimpin Langsung Pembukaan Sosialisasi Bidkum Jajaran Polres Soppeng