35 views

Home / Regional

Kamis, 12 Agustus 2021 - 19:24 WIB

Lebih Dari Separuh WBP & ADP Se-Jatim Diusulkan Dapat Remisi Umum 2021, Lapas Banyuwangi Usulkan 508 Orang

SURABAYA JATIM, Tribunpost.com – Lebih dari separuh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Anak Didik Pemasyarakatan (ADP) di 39 lapas/ rutan/ LPKA se-Jatim diusulkan mendapatkan remisi umum 2021. Besarannya bervariasi. Paling lama enam bulan dan minimal satu bulan.

Dalam siaran pers yang diberikan kepada awak media, Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono menyebutkan bahwa pengusulan itu menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS- PK.01.05.06-705 Tanggal 17 Juni 2021. Pihaknya telah mengusulkan 13.618 WBP dan ADP untuk mendapatkan remisi umum 2021. Jumlah itu lebih dari separuh jumlah seluruh WBP dan ADP yang berstatus sebagai Narapidana di Jatim yaitu 21.742 orang. “Jika ditambah tahanan, total WBP dan ADP di Jatim adalah 27.883 orang,” ungkap Krismono.

Dari jumlah itu, lanjut Krismono, hampir 40% atau 5.289 orang yang mendapat remisi adalah WBP/ ADP yang terjerat perkara kriminal khusus. WBP/ ADP kasus narkotika masih mendominasi dengan 5.263 orang. Dilanjutkan dengan 20 orang WBP kasus korupsi. “Selain itu, ada tiga orang WBP kasus terorisme yang juga mendapatkan pengurangan masa pidana,” urai Krismono.

Baca Juga :  Diskominfo Kaltim lakukan Pendampingan Pengelolaan Pengaduan ke Kutai Timur

Lapas I Malang menjadi penyumbang terbanyak WBP/ ADP yang mendapat remisi. Ada 1.416 orang WBP/ ADP yang mendapatkan haknya. Disusul Lapas I Surabaya dengan 1.367 orang dan Lapas IIA Pamekasan dengan 699 orang. “Paling banyak memang lapas, karena di rutan, mayoritas statusnya masih sebagai tahanan, sehingga belum memenuhi syarat,” jelas pria asli Yogyakarta itu.

Usulan ini telah disampaikan kepada Ditjenpas. Semua pelaksanaannya dilakukan secara otomatis menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). Sehingga dapat dipastikan pelaksanaannya sudah bebas dari KKN. “Sistem secara otomatis akan mengusulkan jika WBP/ ADP memang memenuhi syarat mendapat remisi, dan jika tidak otomatis ditolak,” terangnya.

Meski begitu, pihaknya tetap membutuhkan partisipasi masyarakat untuk mengawal prosesnya. Dia meminta masyarakat aktif melaporkan jika terdapat penyimpangan. “Kami sangat terbuka dengan pengaduan, jika ada penyimpangan, mohon segera laporkan ke kami agar bisa segera ditindaklanjuti,” tegasnya.

Baca Juga :  Kegiatan Vaksinasi Massal Relawan Jokowi di Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur

Lapas Banyuwangi pada tahun ini mengusulkan 508 orang WBP/ADP untuk mendapatkan remisi umum. Jumlah tersebut terdiri dari 246 orang kasus narkotika dan 262 orang dari kasus kriminal. Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto menerangkan bahwa WBP/ADP yang diusulkan tersebut telah memenuhi syarat, antara lain sudah diputus oleh Pengadilan Negeri, berkelakuan baik selama menjalani masa pidana serta tidak tercatat dalam register F, mengikuti program pembinaan dan sudah menjalani pidana selama lebih dari 6 bulan.

“Semoga pemberian remisi ini dapat dijadikan motivasi bagi mereka untuk melakukan perubahan perilaku agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi” ujar Wahyu.

Saat ini pihaknya tinggal menunggu surat keputusan saja. Biasanya, SK Remisi akan turun secara bertahap menjelang 17 Agustus 2021. Di Jatim, penyerahan SK akan dilakukan secara simbolis usai Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Lapas I Surabaya. (Hmj/iriek)

(Visited 13 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Regional

Polda Jatim Beri Dukungan Psikososial dan Pertolongan Pertama Psikologis pada Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Regional

Tingkatkan Sinergitas dengan Ulama Banten, Danrem 064/MY Silaturahmi dan Ziarah ke Banten Lama

Regional

Danrem 063/SGJ Tinjau Kodim 0604/Karawang Gelar Vaksinasi, Pusatkan Di Daerah 3T yaitu, Terpencil, Terluar, dan Terisolir

Regional

Bupati/Walikota Se-Provinsi Sulsel Membangun Komitmen Bersama Dalam Percepatan Penanganan Stunting

Regional

Andi Irma Anggota DPRD Sulsel Gelar Kegiatan Konsultasi Publik Ranperda Pengelolaan Dan Pengembangan Hutan Mangrove

Regional

Danlantamal Banten Hadiri Upacara Ziarah Tabur Bunga Peringati HUT Ke-76 TNI

Regional

Danrem 064/MY Lakukan Kunjungan Kerja ke PT. Indonesia Power Suralaya PGU

Regional

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjend TNI Andi Muhammad Kunjungan Kerja Ke Pinrang Disambut Secara Adat