90 views

Home / Daerah

Rabu, 8 Juni 2022 - 21:28 WIB

Kemenhumham Jabar Bersiap Terima Aset Eks BLBI di Kabupaten Bogor dan Depok

BOGOR, TRIBUNPOST.COM — Pemanfaatan lahan yang dimiliki Pemerintah sampai saat ini belum dilakukan secara maksimal, mengingat keberadaan aset yang dimiliki oleh Pemerintah masih terus ditelusuri dan di data oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai pemangku kepentingan, sehingga aset-aset yang dimiliki bisa termanfaatkan seluruhnya untuk kepentingan masyarakat.

Dari sejumlah titik lokasi lahan aset Eks BLBI, menurut DJKN Bandung, terdapat beberapa aset lahan yang layak dan potensial dimanfaatkan Kemenkumham RI untuk dibangun sesuai peruntukannya seperti diantaranya yaitu aset lahan seluas 50 Ha (538.000 M2) di Desa Ragajaya, Cipayung Jaya, Citayam, Kecamatan Bojong Gede, Desa Pasir Putih, Bedahan, Pengasinan, Kecamatan Sawangan Kabupaten Bogor yang nantinya bisa digunakan untuk Pembangunan Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara mengingat status keterisian rata-rata di Lapas dan Rutan di Jawa Barat adalah overcapacity, bahkan lahan ini sangat bisa digunakan sebagai Balai Pemasyarakatan maupun Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara.

Baca Juga :  Peringatan Isra Mikraj, Bupati Wajo Berharap Lahir Generasi Lintas Profesi Penghafal Al-Qu'an

Hasil Survey di lapangan dari kemarin di Cianjur dan Sukabumi serta Sawangan hari ini nantinya akan dilakukan penelitian kembali dari Biro Barang Milik Negara Kemenkumham apakah aset ini memenuhi kriteria yang diharapkan ataukah tidak, sehingga pemanfaatan aset yang ditawarkan oleh Kementerian Keuangan bisa sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh Kemenkumham

Sebelumnya Kepala Biro Barang Milik Negara (BMN) Kemenkumham Novita Ilmaris menyempatkan untuk berkoordinasi dengan Kepala Bagian Program dan Humas Toni Sugiarto bersama Kepala UPT Bogor Raya bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor terkait pemanfaatan lahan Eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang ada di Wilayah Bogor Raya.

“Secara de jure dan de facto tanah ini sudah direkomendasikan oleh Kemenkopolhukam dan Kementerian Keuangan serta tidak ada sengketa dengan pihak lain” Ujar Novita. Novita meminta kepada Tim BMN Kanwil Jabar untuk dilakukan pengukuran ulang dan dilakukan musyawarah dengan aparat desa setempat, sehingga dikemudian hari tidak timbul permasalahan. Semoga lahan yang potensial ini bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat.

Baca Juga :  Kembali Babinsa Koramil 431-01/Jebus melaksanakan Vaksinasi di Wilayah binaan

PEWARTA : AGUS SOFYAN

 

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 90 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Warnai Istana Bogor Mahasiswa Sampaikan Sejumlah Tuntutan

Daerah

Ketua Persit KCK Cabang LV Kodim 0431/Babar, Hadiri Acara peringatan HUT DWP ke 22 Tahun 2021

Daerah

Ada Warga Tersandung Kasus Gara Gara Marahi Suami Doyan Mabuk , Tatang Obet : Bukti Bupati Gagal Lindungi Warganya

Daerah

Lapas Banyuwangi Gandeng Badan Intelijen Negara (BIN) Gelar Vaksinasi Booster Lanjutan Bagi Petugas dan WBP

Daerah

Steem Amal di Aceh Jaya Serahkan Bantuan Masa Panik

Daerah

Truk dan Pick Up Adu Banteng di Jalan Cimarinjung

Daerah

Progres Pembangunan Masjid DPD Hidayatullah Maros Sudah 70 Persen

Daerah

Danramil 431-01/Jebus Sampaikan Wawasan Kebangsaan di Hadapan Siswa SMAS Bakti Parittiga