185 views

Home / Daerah

Kamis, 4 Agustus 2022 - 22:44 WIB

Jual Beli LKS Di Sekolah Negeri Di Cilegon Lewat Koperasi Diduga Hanya Pengalihan Modus Dan Tetap Membebani Wali Murid

CILEGON, TRIBUNPOST.COM — Meski Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon sudah mengeluarkan surat instruksi dan secara tegas mengingatkan kepada seluruh sekolah SD dan SMP Negeri di Cilegon tidak memungut biaya atau menjual belikan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan alasan apapun.

Namun hingga saat ini, di awal tahun ajaran baru 2022-2023, tidak sedikit sekolah negeri yang masih melakukan jual beli LKS dengan cara membagikan surat lembaran ke orang tua murid untuk mengisi surat pernyataan tidak keberatan untuk membeli LKS yang dipusatkan di koperasi yang ditunjuk oleh pihak sekolah.

Menurut Ketua LSM Pasak Bumi, Kota Cilegon, Ari Hermawan hal tersebut diduga hanya untuk mengalihkan modus adanya jual beli LKS di sekolah negeri oleh oknum untuk mendapatkan suatu keuntungan yang sudah jelas tidak diperbolehkan untuk menjual belikan buku atau LKS.

“Saya selaku Ketua LSM Pasak Bumi sangat menyayangkan dengan adanya oknum sekolah yang masih melakukan proses jual beli LKS dengan alasan tanpa paksaan. Dan berharap kepada Dindik Kota Cilegon untuk segera menindaklanjuti sekolah yang masih melakukan jual beli LKS dengan cara yang diduga untuk mengalihkan adanya instruksi larangan dari Dindik,” Ujarnya Tegas. Kamis (04/08/2022).

Baca Juga :  Babinsa Koramil 431-01/Jebus, Bagikan Sembako gratis kepada Warakawuri dan FKKPI dalam rangka HUT TNI ke-76

“Di beberapa SDN ini masih saja terjadi, maka perlu tindakan tegas dari Pemkot Cilegon khususnya Dindik,” Tambahnya.

Sementara itu, salah satu wali murid yang enggan disebutkan namanya mengeluhkan masih adanya pungutan biaya LKS.

“Iya pak, katanya buku LKS sudah tidak dijual belikan lagi, tapi kok kenyataannya masih disuruh beli pak, iya aja bagi yang mampu pak saya kan gak mampu, saya khawatir anak saya minder dan ilang semangat belajar melihat teman-temannya mampu membeli LKS sedangkan saya sebagai orang tuanya tidak mampu untuk membeli buku LKS, bukan berarti saya tidak mau mengisi surat pernyataan tersebut tapi saya tidak mampu untuk membelinya,” ucapnya polos.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon menyampaikan kepada Ketua LSM Pasak Bumi, Ari Hermawan melalui pesan WhatsApp nya, buku LKS boleh dibeli, tapi bukan sekolah yang jual, beli di toko buku, koperasi, dll.

Baca Juga :  DPD KNPI Karawang : Bersatu, Bangkit dan Tumbuh Di Hari Sumpah Pemuda

“Dianjurkan, disusun lalu di copy, itu Alternatif nya, jadi LKS bukan tidak boleh di beli, boleh beli di toko buku atau koperasi, intinya sekolah yang tidak boleh berbisnis,” Jawabnya.

Menurut Ketua LSM Pasak Bumi, jawaban yang diberikan oleh kepala dinas pendidikan kota Cilegon tersebut tidak sesuai dengan pernyataan yang di sampaikannya melalui Kanal YouTube “Chanel News Cilegon, pada tanggal 24 Januari 2022 Lalu.

Berikut Kanal YouTube Chanel News Cilegon yang menayangkan penyampaian dari kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, https://youtu.be/qM-OA5YwJXQ

PEWARTA : KHARFIL MURSIDIN

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 183 times, 3 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Polsek Totikum Laksanakan HUT Kemerdekaan Di Kantor Camat Tosel Kab. Banggai Kepulauan

Daerah

Tokoh Kharismatik Habib Lutfhi bin Ali bin Yahya Distribusikan Bansos Beras

Daerah

Lapas Banyuwangi Gandeng TNI Bersihkan Kamar Hunian Dari Barang Terlarang

Daerah

Anggaran Dinas PUPR Muaro Jambi Berkurang

Daerah

Ratusan Polisi Amankan Sejumlah Masjid, Salat Tarawih di Kota Luwuk Aman

Daerah

Pendidikan Dasar (Diksar) SAR Lasinrang Pinrang

Daerah

Maksimalkan Program Vaksinasi Kota Makassar, Camat Biringkanaya : Kita Menuju Target 100% 

Daerah

Vaksinasi dan Gebrak Masker Masuk Kampung di Serbu Warga Lamerem