Home / Internasional

Jumat, 18 Juni 2021 - 18:49 WIB

Hassan Rouhani : Hari Ini Dunia Menyaksikan Demokrasi di Iran

Hassan Rouhani Presiden Republik Islam Iran

Hassan Rouhani Presiden Republik Islam Iran

Iran, TribunPost.com – Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani mengatakan, pemilu presiden adalah pemilu terpenting negara dan hari ini masyarakat internasional sedang menyaksikan pemilu presiden di Iran.

“Rakyat benar-benar memahami betapa pentingnya pemilu ini untuk menentukan nasib mereka dan Republik Islam Iran,” kata Rouhani Dikutip dari Farsnews usai memberikan suaranya dalam pemilu presiden periode ke-13 dan beberapa pemilu lainnya yang diselengarakan secara serentak pada Jumat (18/6/2021) pagi.

Disadur dari Parstoday Presiden Iran Rouhani menilai pemilu presiden sebagai salah satu pemilu paling penting di negaranya. Ruhani menuturkan, saya meminta masyarakat untuk tidak memperhatikan masalah dan isu-isu yang ada pada tahap sebelum pendaftaran para calon dan untuk memilih calon presiden pilihan mereka dengan pergi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Presiden Iran lebih lanjut menyinggung pelaksanaan pemilu yang tepat waktu dan tidak ada penundaan.

“Dalam laporan yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri pada hari ini, tidak ada satu pun kasus terkait dengan keamanan di negara ini, dan ini sangat berharga,” ujarnya.

Rouhani menjelaskan, dalam hal menjaga kesehatan masyarakat, semua protokol kesehatan dipatuhi di semua area, dan kami juga bergerak selangkah demi selangkah menuju ke arah pemilu secara elektronik.

Baca Juga :  Zabihullah Mujahid, Juru Bicara Taliban Janji Akan Hormati Hak-Hak Perempuan
Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani saat memasukkan kertas suara pada perhelatan pilpres hari jumat 18/6

“Hari ini,  di seluruh negeri dan di berbagai provinsi, berapa banyak yang berpartisipasi dalam pemilu semakin jelas dari waktu ke waktu. Autentikasi identitas melalui sistem elektronik juga berjalan dengan baik,” paparnya.

Rouhani mengatakan, saya berharap rakyat Iran akan memenuhi tugas nasional, revolusioner dan agama mereka dengan baik, dan saya juga berharap cara penyelenggaraan pemilu dan partisipasi rakyat akan berjalan sedemikian rupa sehingga semua orang akan bahagia di akhir pemilu.

Pemilu presiden Iran periode ke-13, pemilu Dewan Islam Kota dan Desa periode keenam, pemilu sela Dewan Ahli Kepemimpinan (Majles-e Khobregan-e Rahbari) periode kelima dan pemilu sela parlemen (Majelis Syura Islami) periode ke-11 dimulai pada Jumat pukul 07.00 waktu Iran.

Baca Juga :  Kementerian Hukum dan HAM RI Permudah Urus Paspor dan Visa di KJRI Los Angeles

Pemungutan suara juga dilakukan serentak di 101 negara dengan menyiapkan 450 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Lebih dari 59.310.000 warga Iran memiliki hak untuk memberikan suaranya dalam pemilu presiden periode ke-13. Jumlah tersebut meliputi 29.980.038 laki-laki dan 29.330.269 perempuan.

1.392.148 orang adalah pemilih pemula. Mereka terdiri dari 706.988 orang adalah laki-laki dan 685.160 lainnya adalah perempuan.

Setelah tiga calon presiden mengundurkan diri dari daftar calon presiden 2021 maka nama-nama capres Iran yang bertarung dalam pemilu tahun ini adalah Mohsen Rezaei Mirghaed, Sayid Ebrahim Raisi, Sayid Amirhossein Qazizadeh Hashemi, dan Abdolnasser Hemmati. (RA – Red)

Share :

Baca Juga

Internasional

Kunjungan Kerja Menkumham Yasonna Laoly ke Negeri Paman Sam, Bahas Kerjasama Dengan UCLA

Internasional

AS Tekan Sudan untuk Resmikan Kesepakatan Normalisasi

Internasional

Army 2021: Rusia Memesan Sistem Tank Tempur Tak Berawak Shturm

Internasional

Kementerian Hukum dan HAM RI Permudah Urus Paspor dan Visa di KJRI Los Angeles

Internasional

Gubernur Wanita Pemberani Afganistan “Salima Mazari” Ditangkap Taliban

Internasional

Kapal Tanker Teggelam di Teluk Aden, Timbulkan Pencemaran Lingkungan

Internasional

Putin Ucapkan Selamat Idul Adha kepada Muslim Rusia

Internasional

Pejuang Palestina Di Jalur Gaza Gunakan Balon Lawan Kekuatan Tempur Israel