94 views

Home / Daerah

Jumat, 20 Agustus 2021 - 11:04 WIB

Guru Teupa Kujang Pasundan Pakem Buhun Ada di Gunung Salak Bogor

BOGOR JABAR, Tribunpost.com — Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya sendiri. pepatah itulah yang familiar kita dengar dari sang bapak proklamator kita Ir.soekarno.pendiri bangsa dan salah satu tokoh dalam kemerdekaan bangsa Indonesia dari negeri penjajah.begitupun jauh sebelum era kemerdekaan dan penjajahan bangsa eropa di Tanah Air bangsa ini adalah terbagi dari beberapa bagian kekuasaan kerajaan …diantaranya ada di tanah Sunda atau jawa bagian barat ya itu kerajaan sunda galuh dan padjajaran.

Salah satu pelestari sekaligus guru teupa(empu sunda) bah Edi yang berhasil di temui di kediaman nya di lereng gunung salah kabupaten Bogor tepatnya di daerah Tapos 1.hutan larangan kecamatan Tenjolaya kabupaten Bogor.

Baca Juga :  Sat Reskrim Polres Dairi Lakukan Rekontruksi Pembunuhan Yang Dilakukan Oleh JS

Beliau adalah satu dari beberapa Empu atau guru teupa yang bisa membuat atau menempa pusaka kujang yang ber pakem atau bentuk sama dengan kujang yang pada jaman 3 kerajaan Sunda, Galuh dan Padjajaran.

karena kujang adalah merupakan simbol lambang kebesaran dan sekaligus sebagai jati diri orang sunda atau jawa barat, maka harus di lestarikan katanya kepada wartawan.kamis (19/08) sekitar pukul 11 WiB di sekitar Saung yang sekaligus jd Gosali (rumah tempat menempa kujang) …

Nampak juga beberapa Asisten atau balad gosali yang menemani bah Edi yang setiap hari nya setia membantu bah Edi dalam berkarya membuat pusaka kujang salah satunya kang Madun.

Baca Juga :  Bupati Balut Bersama TNI-POLRI , Himbau Prokes Pada Masyarakat Banggai

kang Madun mengatakan dirinya bangga jd salah satu murid Bah Edi karena jaman sekarang jarang sekali guru teupa kujang yang masih setia dan mau melestarikan kujang pakem sepuh.tambah nya

Guru teupa kujang berharap pusaka kujang tetap lestari dan juga ada perhatian dari pemerintah untuk mendukung harapannya itu…

” Biar anak cucu kita tidak paremen obor(tidak putus informasi dan sejarah) tentang kearifan lokal Sunda dan khususnya pusaka kujang dengan bentuk waruga dan wilah yang sesuai dengan pakem jaman 3 kerajaan besar tempo dulu yang menjadi cikal bakal Sunda itu sendiri,pungkasnya”

Misbah jimmy

(Visited 59 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pembina Kampus Madya Masamba Meninjau Progres Pembangunan Asrama

Daerah

Target Juara I, Kafilah MTQ Takalar Bakal Tampilkan Maudu Lompoa Dan Pasukan Berkuda Di MTQ XXXII

Daerah

Danramil 431-03/Kelapa Beserta Anggota Monitor Pelaksanaan Pemberian Suntik Vaksin Covid-19

Daerah

Baramuli Centre Dan Partai Gerindra Pinrang, Berbagi Sedekah Bulanan di Kecamatan Batulappa

Daerah

Sambut Tahun Baru Hijrah DPD Hidayatullah Maros Gelar Mabit

Daerah

Kunjungan Kerja Kadis Pendidikan Kabupaten Bogor Di SDN 05 Cibatok 2 Dalam Rangka Pembinaan Kepala Sekolah Dan Komite

Daerah

Makna Santri Menurut Pandangan H. JuJun Junaedi, SH

Daerah

Tahun 2022 Pemkab Wajo Dapatkan Alokasi Tambahan 5.083 Sambungan Jaringan Gas untuk Rumah Tangga