140 views

Home / Ekobis

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:11 WIB

Geliat Pasar Malam Memulihkan Ekonomi Sektor UMKM Indonesia

JAKARTA, TRIBUNPOST.COM — Pemerintah pusat memberikan kelonggaran kepada masyarakat dalam melakukan aktivitas dipusat keramaian pasca kasus Covid-19 di Indonesia mulai melandai. Hal ini tentunya berdampak positif bagi roda perekonomian khusus nya pengusaha kecil atau UMKM di tanah air. Salah satu nya pelaku UMKM yang bergerak di bidang Event Organizer (EO), hiburan wahana bermain (Komedi Putar) dan Pasar Malam.

Belum lama ini juga Presiden Jokowi juga telah menyampaikan bahwa masyarakat boleh tidak memakai masker di ruang terbuka. Hal tersebut merupakan langkah awal memulai transisi dari pandemi ke endemi sesuai dengan kebijakan yang diumumkan sebelumnya oleh Presiden Joko Widodo. Salah satu hal terpenting untuk mencapai tahapan tersebut adalah pemahaman masyarakat terkait perilaku hidup sehat yang merupakan tanggung jawab masing-masing individu.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya saat jumpa pers secara daring bersama Satgas Penanganan Covid-19 belum lama juga menjelaskan, pelonggaran juga dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan situasi Covid-19 di dunia.

Menurut Budi, berdasarkan pengamatan Kemenkes pada perkembangan Covid-19 di Indonesia dan global, masyarakat Indonesia sudah memiliki daya tahan terhadap varian baru yang saat lagi beredar di seluruh dunia dengan cukup baik, yang secara ilmiah dibuktikan melalui sero survei.

Kabar gembira ini tentunya menjadi angin segar dan spirit bagi pelaku ekonomi kerakyatan untuk bangkit, di mana kurang lebih 2 tahun mereka terpuruk.

Agus Chandra, S.E, selaku Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Pasar Malam Indonesian (P3MI) menyambut baik dengan adanya kelonggaran tersebut. Pria yang cukup lama berkecimpung di usaha Event Organizer (EO) ini menjelaskan, dengan adanya kegiatan pasar malam yang dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia seperti, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi dan provinsi lainnya.

Baca Juga :  Bupati Takalar gandeng UIN Alauddin tingkatkan mutu produk UMKM

Dengan sudah berjalannya aktivitas hiburan rakyat ini (pasar malam) menurut Agus sudah terjadi perputaran uang yang cukup besar.

“Kegiatan pasar malam yang sudah berjalan di beberapa daerah terlebih saat momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri kemarin sangat jelas terlihat perputaran uang di lokasi. Transaksi jual beli yang berlangsung selama satu bulan tersebut cukup signifikan. Ini berdasarkan laporan dari pada para pengurus dan anggota P3MI yang ada di seluruh yang masuk ke DPP,” jelas Ketua Umum P3MI kepada awak media, Jumat (20/5).

Selain itu, lanjut Agus, kegiatan pasar malam ini juga otomatis membuka lapangan kerja bagi masyarakat lokal khususnya lingkungan RW dan RT setempat.

“Dengan adanya kegiatan bazar pasar malam ini, sudah barang tentu membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat, mulai dari pengelolaan parkir, kebersihan dan keamanan selama acara berlangsung. Tidak hanya itu, warga setempat pun bisa berjualan di lokasi bazar pasar malam,” sambung nya.

Terkait penerapan prokes, pengurus pusat P3MI selalu menghimbau kepada jajaran dan anggota seluruh Indonesia agar wajib diterapkan.

Direktur CV Buana Cipta Promosindo (BCP) ini juga tidak lupa menghimbau kepada seluruh jajaran pengurus DPD, DPC, anggota, pelaku UMKM binaan baik itu pedagang, pemilik wahana komedi putar (korsel), Equipment, EO dan yang lainnya di seluruh Indonesia untuk berkolaborasi dengan pihak pemerintah daerah. Salah satu nya dengan mengelar bazar UMKM dan Gebyar Vaksinasi.

Baca Juga :  Menko Perekonomian dan Menteri Investasi Meresmikan PT. Sampoerna Tbk di Kabupaten Karawang

“Selain mendongkrak kembali ekonomi kerakyatan kita juga harus membatu program pemerintah dalam pencapaian vaksinasi, agar rakyat Indonesia segera terlindungi dari nama nya virus Covid-19. Mudah-mudahan Covid-19 segera hilang dan masyarakat kembali bisa menjalani kehidupan yang normal seperti semua,” pungkas nya.

Untuk diketahui, Perkumpulan Pengusaha Pasar Malam Indonesia (P3MI) ada organisasi profesi yang sudah lama terbentuk dan memiliki legalitas yang resmi berbadan hukum dan tercatat di Menkumham. Organisasi ini sudah tersebar kepengurusan nya di 24 provinsi (DPD) dan 120 Kabupaten/Kota (DPC) di seluruh Indonesia.

Mereka yang bergabung dalam organisasi ini adalah para pelaku UMKM yang bergerak di bidang Event Organizert (EO), Equipment, pemilik wahana komedi putar (korsel), pedagang makanan dan fashion.

PEWARTA : JIMMY GESTAVO

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 136 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Ekobis

Walikota Banda Aceh Jadi Pembicara Seminar Nasional Ekonomi Syariah, Dengan Tema Merdeka dari Rentenir

Ekobis

Lagi Lagi Perumdam Tirta Tarum karawang Dapat Penghargaan di Awal Tahun 2022, Trusted Quality Excellent

Ekobis

Bupati Takalar Resmikan Mall UMKM Pertama di Indonesia

Ekobis

Sinergi dengan BNI, Pemkab Wajo Dorong Petani Kakao Manfaatkan KUR

Ekobis

Garap Bisnis Pengiriman Barang, Kantor Pos Cabang Kedurus Kini Buka 24 Jam Tanpa Libur

Ekobis

PTPN Xll Kebun Kotta Blater Raih Peringkat III hal Produksi

Ekobis

Perkuat Tata Kelola Ekonomi Digital, Pemerintah Bangun Government Cloud

Ekobis

Grand Opening Cafe KOPI KITA Hadir Dalam Racikan Sesuai Selera Penikmat