81 views

Home / Daerah

Senin, 20 Juni 2022 - 22:15 WIB

Gelar Aksi Unjuk Rasa di Kemendagri, FRBTKD Minta Copot Almuktabar Dari Jabatan Pj Gubernur Banten

JAKARTA, TRIBUNPOST.COM — Sejumlah Ormas dan LSM yang tergabung dalam Forum Rakyat Banten Tegakan Konstitusi dan Demokrasi (FRBTKD) melakukan aksi unjuk rasa di sekitar kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Senin (20/06/2022).

Aksi yang dilakukan oleh FRBTKD terdiri dari, ABM, SOLMET, OMBAK, BAROMETER, GERAM, CAKRA BUANA, dan PPBN, terkait pengangkatan Pj Sekda Banten Tranggono yang dilakukan Pj Gubernur Banten Almuktabar yang diduga janggal.

“Aksi kami kali ini adalah untuk mengemukakan pendapat dan berpendapat berdasarkan landasan landasan hukum terkait aturan dan peraturan, bahwa Pj Gubernur Banten Al Muktabar yang kami anggap sudah bukan Pj Gubernur Banten lagi,” Kata Jarkasih selaku Korlap 1 kepada awak media.

“Maka dengan itu kami menegaskan serta meminta kepada Presiden RI dan Kementerian Dalam Negeri RI untuk evaluasi Pj Gubernur Banten Sdr Almuktabar yang telah melantik Sdr Tranggono sebagai Pj Sekda Banten,” Tegasnya.

Baca Juga :  Bupati Pinrang Minta Masyarakat Jangan Takut Divaksin, Pada Peringatan Maulid Nabi di Kecamatan Cempa

“Karena pelantikan itu diduga dilakukan dengan cara melawan hukum yaitu melanggar pasal 17 Ayat (2) UU RI No. 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan jo Perpres No. 3 tahun 2018 tentang Pejabat Sekda jo PERMENDAGRI No. 91 tahun 2019 tentang penunjukan pejabat Sekda.” Tambahnya.

Sementara itu, Poppi Yousu selaku korlap 2 meminta Kemendagri mencopot Almuktabar sebagai Pj Gubernur Banten.

“Kami meminta kepada Kemendagri agar segera mencopot Al Muktabar dari jabatannya sebagai Pj Gubernur Banten.” Kata Poppi.

“Dengan diserahkannya jabatan Sekda Banten dari Al Muktabar kepada Trenggono secara otomatis jabatan eselon 1 sudah tidak dijabat lagi oleh Al Muktabar menurut Pasal 201 Ayat (10) UU No. 10 tahun 2016 yaitu Pj Gubernur harus berasal dari Jabatan eselon 1.” Tegasnya.

Baca Juga :  Babinsa Koramil 431-03/Kelapa, Laksanakam Vaksinasi Serentak di Pondok Pesantren "Madinatul Ilmi"

Masih Poppi, “yang kita ketahui bersama seharusnya Almuktabar sebagai Pj Gubernur Banten adalah hanya sebagai tugas tambahan saja, jabatan sebenarnya kan Al Muktabar sebagai Sekda Banten. karena jabatan Sekda Banten sudah terisi oleh Pj Sekda Banten Trenggono otomatis Al Muktabar bukan eselon 1 dan bukan Pj Gubernur Banten lagi.” Terangnya.

PEWARTA : KHARFIL MURSIDIN

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 79 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Turnamen Bulutangkis “Bupati Wajo Cup 2022” Diikuti 459 Atlit dari 28 Klub di Sulawesi

Daerah

Pasukan Satgas TMMD ke-112 Disambut Hangat Warga Rantau Keminting

Daerah

Beberapa Ormas Bogor Bekerja Sama Bagi-Bagi Takjil Ke Pengguna Jalan

Daerah

Tutupi Kesalahan, Kades Waluya Undang Wartawan Suruh Nyeting Warga Terkait Dugaan Pemotongan Dana Bantuan Sembako

Daerah

Safari Ramadhan Puspita Kecamatan Galesong Selatan Hadirkan ketua TP PKK Takalar

Daerah

Babinkamtibmas Pantau Jalannya Vaksinasi Covid-19 Untuk Umum Di Puskesmas Patukuki

Daerah

Warga di Tiga Kecamatan Keluhkan Lampu yang Sering Padam

Daerah

Anggota DPRA Kunjungi Pondok Pesantren Safinatun Naja Gampong Pulo ie