8 views

Home / Daerah

Rabu, 13 Juli 2022 - 10:21 WIB

Gandeng UNODC, Ditjenpas Beri Penguatan 20 UPT Pemasyarakatan Percontohan Layanan Kesehatan

YOGYAKARTA, TRIBUNPOST.COM — Penyelenggaraan layanan kesehatan yang berkualitas dan profesional menjadi prioritas Pemasyarakatan. Guna mewujudkannya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) bekerja sama dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) melaksanakan penguatan kapasitas bagi 20 dari 40 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan percontohan layanan kesehatan bagi tahanan, narapidana, dan Anak. Kegiatan ini berlangsung pada Senin-Sabtu (11-16/7) di Yogyakarta dan diikuti oleh pejabat fungsional dan tenaga kesehatan.

Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama, Dodot Adikoeswanto diwakili Koordinator Kerja Sama, Sigit Budianto mengatakan, 40 UPT percontohan yang telah ditunjuk memiliki tanggung jawab besar untuk melaksanakan layanan kesehatan terbaik. Untuk itu, perlu dilakukan pelatihan dan sosialisasi khususnya bagi sumber daya manusia (SDM) yang terlibat dalam pelayanan kesehatan.

“UPT yang ditunjuk ini diharapkan bisa menjadi contoh dan menularkan layanan kesehatan yang sesuai standar bagi UPT lainnya di wilayah masing-masing sebagai wujud implementasi corporate university di bidang layanan kesehatan,” ungkap Sigit.

Baca Juga :  PERWOSI Kota Cilegon MOU Dengan PGI Kota Cilegon Terkait Olahraga Wati di Bidang Golf

Sementara itu, Koordinator Perawatan Kesehatan Khusus dan Rehabilitasi, dr. Hetty Widiastuti menyebut, penentuan Rumah Tahanan Negara (Rutan), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) percontohan dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di masing-masing wilayah. Tentunya dengan tetap mempertimbangkan spesifikasi yang telah ditentukan Ditjenpas.

Adapun Perwakilan UNODC, Ade Aulia mengungkapkan, penguatan kapasitas SDM ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan UPT Pemasyarakatan dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan. Caranya dengan membangun Sistem Informasi Kesehatan atau Prison Health Information System (PHIS) di Rutan, Lapas, dan LPKA. PHIS ini diintegrasikan dengan data yang sudah tersedia di Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

“Melalui integrasi ini, analisis layanan kesehatan dapat dilakukan tersistem, termasuk analisis kebutuhan tenaga medis,” tutur Ade.

Baca Juga :  Jalan Tanjungpura Menuju Rengasdengklok Rusak Parah, Pemprov Jabar & DPRD Provinsi Jabar Tutup Mata

Ia menambahkan, target lain dari kegiatan ini adalah penguatan kapasitas SDM pelayanan kesehatan dalam penanganan penyebaran Coronavirus disease (COVID-19) di Rutan, Lapas, dan LPKA.

Dalam enam hari ini, peserta akan menerima berbagai materi, di antaranya kebijakan dan kerja sama percontohan layanan kesehatan, legalitas klinik dan unit layanan disabilitas, pengendalian penyakit menular, integrasi SDP, penanganan COVID-19 di UPT Pemasyarakatan, hingga publikasi kehumasan layanan kesehatan di UPT Pemasyarakatan.

PEWARTA : IRIEK_RLS:HMS

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

Cegah Penyebaran Covid – 19, PMI Maju Sterilkan Lapas Jember

Daerah

Jalin Silaturrahmi, Kapolres Pangkalpinang Berkunjung Ke Pengadilan Negeri (PN)

Daerah

Komunitas Perkebunan dan Warga Desa Antusias Mengikuti Gerai Vaksinasi Presisi Keliling Polres Simeulue

Daerah

DPRD Pinrang Bahas Anggaran Parsial Dan KUA PPAS TA.2022

Daerah

Program Peduli Ranting Bhayangkari Polsek Lobangkurung Lakukan Giat Bansos Di Lipulalongo

Daerah

ATR/BPN Zona Intergritas Wilayah Bebas Korupsi ( WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Serta Melayani (WBBM)

Daerah

Masing-Masing Pendukung Bakal Calon Kades yang Tak lulus Seleksi Datangi Kantor Kepala Desa Halaban

Daerah

Danramil 431-03/Kelapa Bersama Anggota bagikan Sembako kepada Masyarakat Kec. Kelapa