138 views

Home / Daerah

Senin, 30 Mei 2022 - 22:33 WIB

FKO2L Lakukan Pertemuan, CCSR Cilegon Disoroti

CILEGON, TRIBUNPOST.COM — Forum Komunikasi Ormas OKP dan LSM (FKO2L) Kota Cilegon kembali menggelar rapat pertemuan atau Urun Rembug di Sekretariat DPP LSM Barisan Anak Raja (BAR) di Blok E.1-D PCI, Senin (30/5/2022).

Selaku tuan rumah dan penggagas pertemuan tersebut, Ketua DPP LSM BAR Kota Cilegon dalam pertemuan yang dihadiri oleh puluhan pimpinan atau Ketua Ormas, OKP dan LSM yang ada di Kota Cilegon ini, menghasilkan kesepakatan FKO2L dengan terbentuknya tim formatur untuk pemilihan Ketua FKO2L.

“Sudah ada kesepakatan, dibentuk 9 petinggi atau tim formatur yang diberi waktu secepatnya satu minggu untuk mengadakan pertemuan kembali. Untuk merumuskan maksud dan tujuan FKO2L dan bagaimana ke depan mempunyai program dan mempunyai nahkoda,” katanya, saat ditemui awak media usai acara.

“Untuk pemilihan ketua ini kita minta kepada Kesbangpol untuk memfasilitasi, kalau tidak bisa ya kita swadaya,” imbuhnya.

Mahdi berharap dengan terbentuknya FKO2L yang sejauh ini mewadahi separuh dari jumlah Ormas, OKP dan LSM di Kota Cilegon ini, bisa bermanfaat buat masyarakat Cilegon dan mengawal kebijakan-kebijakan pemerintahan.

“Yang terdata di Kesbangpol ada 150 sementara yang tergabung di FKO2L ada 75. Ke depan kita berharap dengan adanya leader melalui program yang ada nanti bisa memberikan manfaat buat masyarakat,” harapnya.

Baca Juga :  Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Ketua DPRD Banyuwangi dan anggota DPR-RI Hadiri Peletakan Batu Pertama Gedung GMNI

Dalam berjalannya diskusi, beberapa lembaga menyoroti soal kinerja lembaga Cilegon Corporate Social Reaponsibility (CCSR) Kota Cilegon, yang dianggap vakum tidak terlihat perannya.

“CCSR ini mana perannya kepada masyarakat Cilegon, setahu kita besar anggaran di situ. Kalau mereka tidak bisa memfasilitasi masyarakat kepada industri mending lembaga yang siap saja,” ungkap salah satu Ormas

Penggagas terbentuknya FK02L, Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Kota Cilegon, Eka W Dahlan yang juga sebagai Sekretaris FKO2L Kota Cilegon menjelaskan adanya pertemuan ini ingin menyamakan persepsi terkait hasil Jambore Kesbangpol Kota Cilegon di Bogor beberapa waktu yang lalu.

“FK2OL ini sudah terbentuk sejak Tahun 2021, dan adanya hasil Jambore kita ingin menyamakan persepsi untuk dengan teman-teman lembaga yang lain. Kita ingin merangkul elemen masyarakat untuk menjadi kontrol sosial sesuai UU, wadah ini tidak mengganggu atau membatasi ruang gerak dan eksistensi mereka,” jelasnya.

Untuk pemilihan ketua FKO2L ini, Eka sepenuhnya menyerahkan kepada tim formatur yang sudah terbentuk dalam pertemuan tersebut.

“Setelah pertemuan ini, kita minta Kesbangpol memfasilitasi pertemuan selanjutnya untuk pemilihan ketua, terserah nanti formatnya seperti apa, terserah teman-teman tim formatur, mau ketua, presidium atau koordinator,” ujarnya.

“Dan setelah itu baru kita bicara program FK2OL ke depan untuk mengawal kebijakan-kebijakan eksekutif dan legislatif bersama, di mana kita bisa memberikan masukan-masukan. Termasuk yang sedang teman-teman soroti soal CCSR yang ingin kita luruskan sesuai pendirian awalnya,” tambahnya.

Baca Juga :  Sambangi Posko Covid-19 Desa Lalong, Patroli Polsek Lobangkurung Beri Semangat Guna Pencegahan Covid-19

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Cilegon, Tunggul Armando mengapresiasi kekompakan Ormas OKP dan LSM di Cilegon. Ia berharap bersatunya elemen masyarakat dalam wadah FKO2L ini konsisten dan bisa bersinergi dengan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.

“Kesbangpol yang punya Tusi membina Ormas kita mengawal Ormas supaya bisa berkiprah mengawal pembangunan di Kota Cilegon. Kita pengen Ormas bisa bermitra dengan OPD-OPD di Kota Cilegon, agar keseimbangan harus dijaga. Artinya yang bagus diapresiasi yang jelek diingatkan. Dan yang masih kurang juga harus dievaluasi,” ujarnya.

PEWARTA : KHARFIL MURSIDIN

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 140 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Daerah

DPP INPERA Gelar Baksos Berbagi 200 Takjil Untuk Pengendara Jelang Buka Puasa

Daerah

Kasus Pengeroyokan 3 Wartawan di Karawang Di Limpahkan ke Polres Karawang 

Daerah

Halal Bi Halal Akbar Dan Pengajian Rumah Santri Putaran Ke 77

Daerah

Gempa di Ambarawa Tergolong Berkekuatan Lemah

Daerah

Baramuli Center dan DPC Partai Gerindra Pinrang Berbagi Paket Sedekah Tahunan di Kec. Duampanua

Daerah

Ketua Umum LSM BMPP Menyerahkan Piala Turnamen BBT Kambing Cup 1

Daerah

Bupati Minta OPD Lebih Responsif Jawab Aduan dan Keluhan Masyarakat di Medsos

Daerah

Gabiper Curhat ke Ketua DPRD Banyuwangi Minta Pemerintah Segera Hapus Persyaratan Swab Antigen dan PCR