Home / Kesehatan

Minggu, 29 Agustus 2021 - 18:19 WIB

Dr. dr. Safrizal Rahman, M.Kes, Sp.OT. : Bentuk Kepedulian, IDI Aceh Luncurkan Aplikasi LEKAS SEHAT

BANDA ACEH TRIBUNPOST.COM — IDI Wilayah Aceh sebagai organisasi Profesi Dokter meluncurkan aplikasi via media selular bernama LEKAS SEHAT yang dapat membantu pemantauan masyarakat yang sedang melakukan Isolasi Mandiri. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan oleh masyarakat di daerah di Provinsi Aceh, tapi juga bisa di manfaatkan oleh masyarakat Aceh yang berdomisili di Daerah lain di Luar Aceh.

Aplikasi ini dirancang oleh Tim Mitigasi COVID-19 pengurus IDI Wilayah Aceh dibawah supervisi langsung oleh Ketua IDI Wilayah Aceh DR. dr. Safrizal Rahman, M.Kes, Sp.OT. Sarana ini didasari oleh bentuk kepedulian IDI Wilayah Aceh terhadap kondisi COVID-19 di Aceh saat ini. “Kita ingin memfasilitasi seluruh masyarakat Aceh yang sedang menjalani Isolasi Mandiri, meskipun tatap muka dilakukan secara Virtual dan Chatting namun menurut hemat kami konsep ini sangat membantu masyarakat dan kami khususnya Dokter dalam melaksanakan tugas mulia profesi dan pengabdian kami untuk memantau kondisi masyarakat. Sehingga jika dibutuhkan tindak lanjut terhadap pasien, dapat dilakukan segera”

Baca Juga :  Hari ini, Jakarta Tembus 4.895 Kasus Baru Covid-19

Aplikasi ini dapat diunduh oleh masyarakat di PlaySotre dan sangat mudah dalam pengoperasiannya. Masyarakat akan mendapat pelayanan seperti halnya berobat ke praktek dokter. Seperti konsultasi, sampai dengan peresepan obat secara elektronik. Konsep ini bentuk pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) khususnya konsep Telemedicine oleh IDI WIlayah Aceh. “Aplikasi ini dirancang langsung oleh Dokter yang juga memiliki keahlian dibidang IT, oleh karena disiapkan sesuai dengan kaidah-kaidah etik kedokteran mengaju kepada Regulasi yang ada” kata dr. Safrizal.

Baca Juga :  Balon Keuchik Lamie Ikrar Pilchiksung Nagan Raya Damai

Masyarakat Aceh yang sedang menjalani isolasi Mandiri akan dilayani oleh 60 lebih dokter dari seluruh wilayah Aceh, Kabupaten/Kota yang direkrut menjadi relawan dalam rangka memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan Informasi yang benar saat menjalani Isolasi mandiri. Juga dapat berkonsultasi untuk memperoleh informasi kesehatan lainya.

“Semoga aplikasi ini dapat membantu, memberikan rasa nyaman dan memberikan informasi yang benar mengenai COVID-19 khususnya. Sehingga kita dapat menurunkan jumlah pasien yang bergejala sedang sampai berat akibat kurangnya mendapat informasi mengenai Isolasi Mandiri yang benar dan masyarakat juga mendapatkan pemantauan dari tenaga kesehatan khususnya Dokter”

(iqi)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Dinas Kesehatan Nagan Raya Gelar Sosialisasi Kabupaten Sehat

Kesehatan

Pemerintah Penuhi Kebutuhan Oksigen dan Percepat Vaksinasi Covid-19 Berbasis Risiko

Kesehatan

Indonesia Terima 998.400 Vaksin Hibah Pemerintah Jepang

Kesehatan

Bupati ASA Jalani Vaksinasi Tahap Pertama

Kesehatan

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh insiasi Workshop Pemahaman Standar Akreditasi

Kesehatan

Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-75, Polres Pinrang Akan Gelar Vaksinasi Massal

Kesehatan

Sosialisasi Pencegahan Stunting dari Hulu Bagi Calon Pengantin Melalui Aplikasi

Kesehatan

Ir. Yohanis : Edukasi Soal Program Vaksinasi Covid-19, Biar Warga Kami Tidak Takut