0 views

Home / Dikbud

Jumat, 3 Desember 2021 - 13:33 WIB

Dosen UNIMAL Latih Masyarakat Melalui Penanaman dan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga

TRIBUNPOST ACEH 

LHOKSEUMAWE – Dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Teknik Kimia dan Pendidikan Kimia Universitas Malikussaleh lakukan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dan pendampingan dalam menanam dan memanfaatkan tanaman obat keluarga. Kegiatan yang mengambil tema Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 Secara Praktis dan Ekonomis dilaksanakan di Desa Geulanggang Meunjee Kabupaten Bireun mulai 8 Agustus sampai dengan 22 November 2021.

Menurut Fajriana, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam lima tahap mulai dari persiapan, pelatihan, focus group discussion, pendampingan dan pembinaan serta monitoring dan evaluasi. Pelatihan dan Focus Group discussion menjadi tahap inti dalam kegiatan pengabdian ini.

“pada tahap pelatihan, kita memperkenalkan jenis-jenis tanaman obat keluarga dan pada tahap FGD lebih menitikberatkan pada pengolahan sebagai farmasi rumah tangga di era pandemi Covid-19 dan manajemen produksi” terang Fajriana.

Baca Juga :  Wali Kota Pembina Upacara HUT Ke-76 PGRI

Kegiatan pengadian ini diketuai oleh Dr. Fajriana, S. Si., M. Si dengan anggota Dr. Muhammad, ST., M. Sc dan Sri Setiawaty, S. Pd., M. Pd. Muhammad dalam paparannya kepada masyarakat peserta pelatihan menjelaskan lahan pekarangan rumah hendaknya bisa dimanfaatkan menjadi salah sumber pendapatan keluarga dengan menanam tanaman obat keluarga.

”Di masa wabah virus covid 19 ini kita harus lebih kreatif dalam segala hal khususnya dalam memanfaatkan berbagai hal kecil menjadi investasi keluarga seperti pekarangan rumah masing-masing mari kita manfaatkan menjadi sumber investasi keluarga selain sebagai apotek keluarga dengan stok obat herbal sisanya bisa kita jual dan menjadi sumber pendapatan keluarga” terang Muhammad.

Salah satu peserta Novi, ketua PKK desa Geulanggang Meunjee, warga Desa Geulanggang Meunjee, menjelaskan kegiatan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Geulanggang Meunjee apalagi di masa pandemi seperti ini dimana masyarakat susah mencari tambahan penghasilan dikarenakan ada pembatasan-pembatasan dari pemerintah.

Baca Juga :  Bersama Forpimda, Bupati Monitoring Pembelajaran Tatap Muka di SMK Negeri 2 Situbondo

“kami merasa sangat bersyukur, kehadiran Bapak Ibu dosen dari Unimal sangat membantu kami melalui kegiatan ini dengan melatih kami dalam menanam dan memanfaatkan tanaman obat keluarga” jelas Novi

Kegiatan ini dilaksanakan melalui Skema Program Pemberdayaan Masyarakat dengan pendanaan melalui PNBP Universitas Malikusaleh.

“saya selaku ketua Tim, menyampaikan terima kasih kepada Bapak Rektor dan seluruh pimpinan Universitas, Ketua LPPM dan jajarannya atas kesempatan yang diberikan untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021 ini” ungkap Fajriana.

Pewarta : iqb

 

(Visited 1 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Dikbud

Hadiri Pelepasan Alumni, Andi Sri Apresiasi Aksi Anak TK Islam Plus e – School

Dikbud

Dana Rehab SD dan SMP Tahun 2021 Sampai 29 Miliar di Dinas Pendidikan Nagan Raya

Dikbud

Unaya Adakan Seminar Nasional Publikasi Ilmiah (SEMDI Ke-III)

Dikbud

Bupati Nagan Raya Resmikan SMP Ulumul Qur’an Di Suka Makmue

Dikbud

Scienpreneur IPA Tngkat SLTP di Resmikan oleh Bupati Karawang

Dikbud

Wisuda Program Sarjana ke 3 Universitas Buana Perjuangan (UBP) Kab. Karawang

Dikbud

Prokes Ketat, PAUD Al-Qur’an Di Bogor Melaksanakan Wisuda

Dikbud

LP2TK Indonesia Bersama DPD PPNI Luwu Latih Tenaga Kesehatan