12 views

Home / Hukrim

Selasa, 31 Mei 2022 - 12:17 WIB

Desa Pakeng Kecamatan Lembang Terpilih Menjadi Kampung Restorative Justice Oleh Kejaksaan Negeri Pinrang

PINRANG, TRIBUNPOST.COM — Peresmian Desa Pakeng sebagai Kampung Restorative Justice ini digelar di Halaman Kantor Desa Pakeng, Selasa (31/5/2022).

Dalam Sambutannya Kepala Kejaksaan Negeri Pinrang Agus Khairuddin, SH., MH. dalam sambutannya mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pinrang yang memberikan ruang bagi pembentukan Rumah Restorative Justice.

Dijelaskan Kajari Agus, Pembentukan Restorative Justice ini dihadirkan sebagai sarana mewujudkan keadilan yang substantive bagi masyarakat.

“Kehadiran Rumah Restorative Justice ini dihadirkan sebagai sarana tepat, cepat dan biaya murah untuk menyelesaikan perkara diluar persidangan” ungkap Kajari Agus.

Kajari Agus pun mengungkapkan bahwa Rumah Restorative Justice ini akan menjadi prototype nantinya bagi kehadiran Rumah Restorative Justice di Kecamatan Lain.

Baca Juga :  Polres Karawang Ungkap Kasus Pencurian Ranmor KR 4 & KR 2 Berikut Penadahnya

Sementara itu, Bupati Pinrang Irwan Hamid mengucapkan terima kasih kepada pihak Kejaksaan Negeri Pinrang yang telah memilih Desa Pakeng sebagai Prototype pembentukan Rumah Restorative Justice dari 69 Desa di Kabupaten Pinrang.

Bupati Irwan pun berharap agar Rumah Restorative Justice ini dimanfaatkan untuk menyelesaikan perkara secara kekeluargaan dengan melihat jenis perkara ringan yang dihadapi.

“Sebenarnya hal ini telah menjadi budaya dari dulu, dimana setiap ada masalah selalu mengetengahkan azas kekeluargaan dan kebersamaan, apalagi sekarang sudah dibentuk lembaganya” ujar Bupati Irwan.

Untuk diketahui, Rumah Restorative Justice adalah program yang dihadirkan oleh Kejaksaan Agung Republik Indonesia melalui Kejaksaan Negeri sebagai bentuk penyelesaian masalah di luar pengadilan dengan mengetengahkan azas kekeluargaan dengan melihat jenis perkara ringan yang dihadapi.

Baca Juga :  Kapolres Karawang Atensi Kasat Reskrim Polres Karawang, Tanggani Kasus Bocah Mati Tenggelam Di Taman Hud Hud

Dalam Kegiatan ini, turut hadir Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekda Pinrang, Kepala OPD serta Camat Se-Kabupaten Pinrang.(*/).

PEWARTA : IYR-SLM/RED

_________________

 

Catatan Redaksi :

Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, dan/atau menghubungi wartawan kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: mediatribunpost@gmail.com

Terima kasih.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Hukrim

Diduga Oknum Satpam Imasco Puger Halangi Tugas Wartawan

Hukrim

Polresta Banyuwangi Amankan Dukun Palsu Pengganda Uang

Hukrim

Sat lantas Polres Bangka Barat Olah TKP Laka Mobil Tronton Dan Motor

Hukrim

Dalang Pembuangan Bayi Berhasil Diungkap Polres Merangin

Hukrim

4 DPO Menyerahkan Diri, Kabid Humas: Pengungkapan Kasus Penembakan Pos Pol Sudah Tuntas

Hukrim

Pemuda di Jole Dibekuk Satnarkoba Polres Banggai Karena Miliki Ribuan Pil THD

Hukrim

Maraknya Mafia Tanah Di Desa Dayeuh Luhur Karawang, APH Diam Saja !

Hukrim

Aniaya Santri, Pengasuh Ponpes di Amankan Polres Demak