82 views

Home / Dikbud

Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:37 WIB

Bupati Nagan Raya Resmikan SMP Ulumul Qur’an Di Suka Makmue

NAGAN RAYA ACEH, Tribunpost.com – Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, resmikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ulumul Qur’an (UQ) yang berlokasi di Komplek Perkantoran Suka Makmue, Kamis 12/8/2021.

Pantauan awak media Tribunpost.com Rombongan Bupati bersama unsur forkopimda dan sejumlah Kepala SKPK disambut tarian Ranup Lampuan persembahan siswi sekolah tersebut.

Bupati HM Jamin Idham, dalam sambutannya pada acara peresmian SMP N 1 UQ yang ditandai pembukaan selubung papan nama, mengatakan, awalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya ingin mendirikan Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ).

Dalam perjalanannya upaya tersebut terkendala dari sisi anggaran dalam bentuk bantuan keuangan, sehingga tidak bisa dialokasikan, karena dikhawatirkan terjadi tumpang tindih.

Baca Juga :  Abd Majid Dantim Bais Pidie Tewas ditembak OTK

“Selaku bupati bersama wakil bupati, inilah salah satu wujud nyata yang dapat kami persembahkan. Harapan saya, kedepan bisa dilahirkan juga SMA bahkan perguruan tinggi, dalam rangka menciptakan kader-kader terbaik Nagan Raya,” ujar Bupati Jamin Idham.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Nagan Raya, Irwan, M.Si, menyampaikan, bahwa pendirian SMP N 1 UQ dalam rangka menyahuti visi dan misi bupati dalam bidang pendidikan berbentuk boarding school (sekolah yang menyediakan tempat tinggal).

Kadisdik Nagan Raya itu sedikit menceritakan, bahwa pada Bulan April 2021 lalu pihaknya mengusulkan kepada bupati untuk mendirikan sekolah tersebut.

“Alhamdulillah pada bulan Juni 2021 pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah mengeluarkan izinnya,” kata Irwan.

Baca Juga :  Mantan Kadis DLHK Nagan Raya di cecar 20 pertanyaan oleh penyidik KPK

Menurut Irwan, siswa SMP N 1 UQ saat ini berjumlah 85 orang. Sebanyak 15 orang diantaranya merupakan anak yatim dengan biaya pendidikan gratis.

Pada kesempatan tersebut, pihak Bank Aceh Syari’ah Cabang Jeuram menyerahkan bantuan 1 (satu) unit kenderaan roda tiga merek Viar yang akan dipergunakan untuk mengangkut sampah di sekolah tersebut.

Usai memberikan sambutan, bupati melakukan penyematan pin secara simbolis kepada siswa dan siswi. Di akhir acara dua siswa SMP N 1 UQ menampilkan kemampuan tahfidz (hafalan) Alqur’an.

(Irwan Kabiro Banda Aceh)

(Visited 29 times, 1 visits today)

Share :

Baca Juga

Dikbud

Zilsa Mardia Siswi SMP 2 Mattiro Sompe Pinrang, Sukses Raih Juara 1 Ajang Ana’dara Malebbi Sulsel 2021

Dikbud

Anggota Komisi X DPR RI Ini Meyakini, Pembelajaran Tatap Muka Itu Lebih Baik, Ini Penjelasannya!

Dikbud

Dekan Teknik Abulyatama Buka Expo Engginering 2021

Dikbud

Bahas Berbagai Langkah Inovasi, Kasek dan Komite Sekolah di Wajo Kumpul di Dialog Pendidikan

Dikbud

Wisuda Program Sarjana ke 3 Universitas Buana Perjuangan (UBP) Kab. Karawang

Dikbud

Ust. Abdul Somad Bersama Bupati Penajam Resmikan Ponpes Raudhotul Qur’an

Dikbud

Lomba Pa’bitte Passapu dan Angngaru Meriahkan Festival Budaya Kajang 4

Dikbud

SLB Negeri Gugus II Makassar Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H